Pimpin Apel Pagi Bersama,Tagob Sampaikan Terkendala Kemampuan Fiskal Penerimaan P3K Bursel Di Tunda

NAMROLE,N25NEWScom-Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel),Tagob Sudarsono Soulisa,memimpin apel kerja perdana di tahun 2020,yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Bursel,senin (17/2).

Meski terik panas mengiringi jalannya apel,namun Bupati,beserta para pejabat utama,Kepala OPD dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap antusias mengikuti apel tersebut.

Dalam amanatnya,Tagob menyampaikan beberapa waktu yang lalu sesuai dengan arahan dari Menteri PAN-RB bahwa semua daerah di Indonesia sudah di haruskan untuk membuka lamaran bagi P3K pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak,namun beberapa daerah di Indonesia menyampaikan kepada pihak Menteri sesuai dengan kemampuan fiskal di daerah.

“Kita belum bisa melaksanakan pembukaan lamaran karena sesuai kemampuan fiskal kita,kalau dilaksanakan pun maka sudara-sudara kita yang PTT harus dihapuskan dan kalau hal itu dilakukan Pemda Bursel maka,maksimal yang bisa kita terima per tahun itu paling banyak 200 sampai 300 orang,”kata Soulissa.

Selain itu,Tagob juga menjelaskan,Pemda Bursel juga telah menyampaikan permintaan ke Pemerintah pusat (Pempus),agar P3K tersebut dialokasikan dana khusus melalui APBN yang disalurkan di DAU guna membiyaai P3K sesuai dengan ketentuan tenaga ASN.

“Kita di Pemda Bursel mengambil kebijakan seperti itu,sebab itu menjadi tujuan dari pada publik di Bursel dan kita tahu juga investasi di sini (Bursel) masih belum baik,”jelas Tagob.

Adapun,Pemda Bursel sangat memahami kondisi yang terjadi,olehnya Pemda terus berupaya mendorong dan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan animo dan pola pikir masyarakat yang lebih cenderung termotifasi menjadi PNS.

Dijelaskannya lagi,pola pikir masyarakat ini sangat bertolak belakang dengan dukungan dari sumber daya alam yang sangat memadahi,namun sungguh ironi memang,masyarakat tidak termotifasi untuk menjadi,petani,baik petani kelapa,cengkah dan sebagainya,mereka lebih terfokus pada pekerjaan formal.

“Kita mau buat apalagi,namun itulah tugas dan tanggung jawab Pemda Bursel untuk menyiapkan lapangan kerja.Maka dengan demikian kita mencoba untuk mendatangkan investasi,solusi ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di Bursel,”tandas Tagob.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

BNNK Bursel Ajak Masyarakat Cegah Covid-19 Dan Hindari Narkoba

NAMROLE,N25NEWS.com- Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota (BNNK) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) mengajak masyarakat untuk bersama melawan …