PPDB SMA LKMD Laha Tidak Terapkan Zonasi

AMBON,N25NEWS.COM -Mengingat animo masyarakat lebih memilih sekolah negeri ketimbang swasta, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019 di SMA LKMD Laha Kecamatan Teluk Dalam Kota Ambon tidak menerapkan sistim zonasi.

“Kalau kita di swasta, saya kira kalau kita menerapkan itu sudah pasti kita tidak punya siswa, karena sudah pasti semunya lari ke sekolah negeri,”tegas Kepsek SMA LKMD Laha Basirun pada media ini di Ambon, Senin(8/7).

Meskipun diakuinya, sistem zonasi PPDB merupakan regulasi yang dibuat pemerintah, sehingga itu tetap harus dilaksanakan meskipun nantinya ada ples minesnya.

Akan tetapi penerapan PPDB zonasi khususnya pada sekolah negeri, terkadang penerimaanya lebih dari jumlah kouta yang ada sehingga terjadi penumpukan siswa dan alhasilnya akan berdampak pada sekolah swasta yang minim jumlah siswanya.

Menurutnya, meskipun sudah menerapkan PPDB zonasi, namun yang terjadi pembatasan jumlah kuota di masing-masing sekolah tetap tidak merata sehingga terkesan agak sedikit membatasi hak anak untuk memilih sekolah mana.

Meskipun ada regulasi yang mengatur tentang zonasi, tetapi khusus untuk sekolah swasta jika memberlakukan hal tersebut maka sudah dipastikan minim siswa, dibandingkan sekolah negeri.

“Sekarang kita bagaimana caranya untuk memberikan, pemahaman kepada masyarakat agar bisa mengerti tentang apa itu zonasi, dengan harapan keberadaan sekolah tetangga, bisa paham bahwa semua ini kita kerja sama sehingga tidak seenaknya menerima siswa tanpa mengabaikan teman-teman yang ada di sekolah swasta,”bebernya.

Menurutnya, Maluku sebagai provinsi kepulauan kurang pas diterapkan PPDB zonasi, tetapi itu lebih pas diberlakukan di pulau Jawa, sebab kondisi Maluku dan Jawa mengalami perbedaan secara letak geografi.

“Saya kira mau pakai tata tertip atau aturan apaun untuk PPDB, cuma satu yang tidak lain kesadaran dari masing-masing kepala sekolah untuk menerima siswa sesuai kuotanya, sehingga sisanya bisa keluar masuk ke sekolah lain khususnya swasta yang ada untuk pemerataan,”pungkasnya.

Oleh karena itu, dengan tidak memberlakukan sistem PPDB zonasi animo masyarakat masuk SMA LKMD tahun ini mengalami peningkatan dengan persanatse 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang rata-rata siswa banyak dari luar pulau Ambon.

Reporter :Rohim

Editor :Redaksi

Check Also

Presisi,Penguatan Karakter Siswa Mandiri Melalui Ide Dan Kreasi

AMBON,N25NEWS.com-Program presisi merupakan pembelajaran berbasis inovasi Kontekstual yang mendekatkan siswa maupun guru dengan kondisi sekitarnya.Dimana,siswa …