Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah, Menerima Penghargaan Dari BNPB

MALTENG,N25NEWS.com -Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah atas partisipasi aktif dalam Penanggulangan Bencana selama tahun 2019 di acara Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) Tahun 2020 pada Selasa 4 Februari 2020..

Hendri M Far Far selaku Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Maluku dan Abua Tuasikal, Bupati Maluku Tengah menerima secara langsung penghargaan yang diberikan oleh Kepala BNPB, Doni Monardo, di Sentul International Convention Center (SICC), Kab. Bogor, tempat kegiatan Rakornas PB 2020 terlaksana.

BNPB menilai bahwa kedua daerah ini pantas menerima penghargaan tersebut. Kata “amin” seketika terucap dari beberapa pejabat yang turut hadir seperti Adeci Ayuba, Kabid I BPBD Maluku dan Kalaksa Maluku Tengah, Bob Rahmat. Ini adalah jerih payah dari kerja bersama semua pihak, mulai dari Gubernur, Bupati, Pemerintah Daerah, masyarakat, akademisi, organisasi masyarakat, dan media massa yang tergabung dalam Pentahelix.

Direktur Kesiapsiagaan, Johny Sumbung, yang sempat berbincang dengan mereka, menyatakan, jangan terlena dengan penghargaan yang diberikan. Selalu berikan yang terbaik bagi masyarakat, dengan memberikan edukasi-edukasi tentang penanggulangan bencana seperti memberikan pelatihan-pelatihan, membuat rencana kontijensi yang holistik sampai tingkat kelurahan dan desa, mitigasi bencana, mempersiapkan keluarga yang tangguh terhadap bencana. Johny juga menekankan bahwa Desa/Kelurahan Tangguh Bencana wajib diteruskan dengan dana APBD dan kerjasama para pihak dalam Pentahelix serta tidak lupa bahwa kemarin (3/2/2020) mereka sudah menerima pengetahuan baru dari BNPB yaitu program Keluarga Tangguh Bencana (KATANA), semoga pemerintah daerah sanggup menjalankan program tersebut di tahun 2020 ini.

Baca juga :   1 Jam bersama Kepala Lapas Kelas III Banda Naira Bersama RRI Pro 1 Ambon dalam Dialog Pagi "Mengendalikan Covid-19 Dalam Penjara"

Tanpa ada kerjasama dengan semua pihak, tidak akan terjadi kesadaran dalam menyikapi bencana yang siap datang kapan saja. Dan penanganan bencana yang terjadi akan terasa berat sekali ujar Johny.

Selain Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah, pemerintah kabupaten/Kota yang menerima penghargaan adalah Cilacap, Pacitan, Pandeglang, Flores Timur, Karangasem, Konawe Utara, Halmahera Selatan, Jayapura, dan Maluku Tengah.

Selain kategori Pemerintahan Kabupaten/Kota, BNPB juga memberikan penghargaan kepada sejumlah Kementerian/lembaga, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dunia pendidikan, perorangan dan media yang dinilai aktif dalam penanggulangan bencana.

Repoter :NickoKastanja

Editor : Redaksi

Check Also

Lapas Banda Naira Lakukan Tes Urine Bagi WBP Baru

BANDA,N25NEWS.com  – Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banda Naira lakukan Tes Urine Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan …