Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, RT/RW Di Kelurahan Benteng Gelar Sosialisasi Memakai Masker

AMBON,N25EWS.com-Lima RT dan 2 RW di Kelurahan Benteng kota Ambon melaksanakan aksi sosialisasi Gerakan Memakai Masker.Hal ini dilakukan sebagai upaya  mencegah penyebaran Corona Virus Visease (Covid-19),di  pasar Benteng/Gudang Arang,mengingat para pedagang maupun pengunjung di pasar tersebut sangat minim dalam menggunakan masker.

Hal tersebut dikatakan Ketua RW. 06 Olop Pattinama kepada N25NEWS.com,saat mengadakan kegiatan kegiatan gerakan memakai masker tersebut yang berlangsung di lingkungan RT 003/RW 06,senin 20 April 2020.

Menurut Olop,dilaksanakannya sosialisasi gerakan memakai masker ini,karena pihaknya merasa bertanggung jawab dengan situasi di pasar Gudang Arang,dimana masih ditemui adanya pedagang dan warga setempat yang belum menggunakan masker.Padahal pemerintah kota (Pemkot) Ambon telah mengekuarkan himbauan untuk warga wajib memakai masker bila beraktivitas.

“Kita prihatin melihat warga dan pedagang sangat ramai dengan akitivitas jual belinya,namun sayang masih banyak pedagang dan pengunjung pasar belum menggunakan masker.Olehnya kami telah memutuskan dalam rapat dengan RT/RW dan pihak Bhabinkamtimas dan Babinsa untuk mengimbau masyarakat memakai masker guna memutuskan mata rantai Covid-19,”kata Olop.

Adapun,kata Pattinama pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemkot Ambon yang telah membantu dengan memberikan profil tank dengan wastafel untuk warga dapat mencuci tangan setelah berkativitas.Selain itu,ia berharap warga dapat mengikuti himbauan pemerintah,dengan demikian talah membatu pemerintah yang telah memberlakukan PSBR.

“Kita tau pemerintah telah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Regional (PSBR),maka sudah barangay tentu,sosialisasi kegitan gerakan memakai masker ini dapat miminimalisir penyebaran Covid-19 di kawasan Gudang Arang ini,”ujar Pattinama.

Sementara itu,pada kesempatan yang sama Ketua RT 003/RW 06,Richard Latupeirissa mengatakan,sebagai komponen pemerintah di tingkat bawa,pastinya siap membantu pemerintah dalam hal penanganan Covid-19 dengan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker dalam beraktivitas.

Adapun,gerakan memakai masker ini dilakukan oleh 5 RT dan 2 RW yakni,RT 01/05,02/05,02/06,03/06 dan 04/06.Selain itu,kegiatan tersebut juga dibantu pihak kepolisian guna memberikan pemahaman kepada warga dan pedagang untuk selalu mengedepankan kedisipilinan,yang secara otomatis ikut mambantu pemerintah dalam memutuskan mata rantai Covid-19.

“Untuk itu,saya menghimbau kepada masyarakat untuk menjalankan program social Distancing,dengan menerapkan pola hidup sehat,kebersihan lingkungan dan juga makan makanan yang sehat,”tandas Richard Latupeirissa.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

UPT Pemasyarakatan Sabet Penghargaan Dari Dirjenpas

AMBON,N25NEWS.com  – Delapan Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan …