Reses Ketua F-PPP Kabupaten Buru di Dua Kecamatan

NAMLEA,N25NEWS.com – Bambang Lalang Buana Ketau Fraksi PPP DPRD Kabupaten Buru menggelar Reses dalam rangka penutupan masa sidang II tahun 2020.

Katanya,hal ini merupakan  kegiatan rutin DPRD Kabupaten Buru dalam rangka  Agenda reses setiap anggota DPRD sangatlah penting dalam menjaring aspirasi masyarakat.Sehingga harapan masyarakat dalam pembangunan yang di inginkan dapat terwujud.

Selain itu lanjut Bambang, setiap anggota DPRD  memiliki  kewajiban dan keharusan  dalam menjaring aspirasi secara langsung kepada masyarakat  melalui kegiatan reses ini.

“Agenda Reses DPRD ini yakni untuk mempertanggung jawabkan secara moral dan politisi kepada konstituen (masyarakat) di daerah pemilihannya,”tambah Ketua Fraksi PPP DPRD Buru.

Selain itu lanjutnya, kegiatan Reses kali ini berbedah dari sebelumnya. Kali ini Program kerja Dewan Perwakilan Rakyat dengan cara Physical Distancing sesuai anjuran protab kesehatan untuk menjaga masyarakat dari wabah Corona Virus Disease 2019, (Covid-19).

Untuk di ketahui Reses yang dilakukan anggota DPRD Partai berlambang Ka’bah ini, di lakukan di 2 Kecamatan,4 Desa antara lain, Kecamatan Lilialy dan Kecamatan Namlea, Desa Sawa, Desa Jikumarasa, Desa Namlea dan Desa Sanleko. 

Hal kata Bambang Lalang Buana,sesuai dengan amanat undang undang nomor 23 Tahun 2014 pasal 161 huruf I, j yaitu  DPRD berkewajiban menghimpun aspirasi konstituen (masyarakat) melalui kunjungan kerja dimasing – masing dapil daerah pemilihannya guna untuk menampung dan menindaklanjuti aspirasi pengaduannya.

Dalam dialog serap aspirasi selasa kemarin 8 Juni 2020 di Kecamatan Lilialy,ada beberapa masukan masyarakat terkait program di Desa dan Kecamatan melalui DPRD ke Pemerintah Daerah dalam hal ini Eksekutif yakni pengusulan satu unit tarnsportasi Ambulance di Puskesmas Lilialy, Jalan Tani menuju penyulingan Minyak Kayu Putih di Desa Sawa, pembuatan Pos pengamanan TNI/Polri di Kecamatan Lilialy, Percepatan Pembangunan Kantor Camat Lilialy, Pembuatan Talud di samping Pantai wisata Baikolet Desa Jikumarasa, dan renovasi Pagar SD Impres Jikumarasa.

“Selain itu reses adalah untuk menemui konstituen untuk menjaring usulan-usulan  dari masyarakat agar apa yang diharapkan masyarakat terkait pembangunan bisa  dimasukan di pokok-pokok pikiran di DPRD. Tegur kami jika kami lupa atau salah, karena kami DPRD dipilih oleh rakyat,”tandasnya.

Sementara itu, program pemerintah Desa yang sempat di singgungkan oleh masyarakat dalam diskusi serap aspirasi di Desa Jikumarasa, menurut Ketua Pokja musrembang Kecamatan Lilialy, Jabar Tuhurea pada Tahun 2017 lalu. Dia menjelaskan terkait dengan pengusulan program masyarakat melalui pemerintah desa yang sering terjadi kesalapahaman saat program itu turung tidak sesuai permintaan masyarakat.

“Sesungguhnya kami pemerintah kecamatan telah maksimalkan program pemerintah desa namun saat diverifikasi di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten, ketika terjadi perubahan Standar Oprasional Prosedur (SOP) dari dinas terkait tidak lagi memberitahu tentang perubahan perencanaan pembangunan didesa kepada pemerintah kecamatan sehingga perubahan program desa yang sudah dicanangkan sering menjadi masalah diDesa,jadi ini kesalahan bappeda,”jelas Tuhurea dalam diskusi itu.

Selain itu, Ketua RT-5, Desa Jikumarsa Lajudi (39) juga menuturkan, pembangunan proyek Dranase dengan nilai 800jt sekian dari APBD Kabupaten yang berada dilingkungannya tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat malah menambah mudarat (bencana) bagi masyarakat, karna pembangunan proyek tersebut tidak sesuai sasarannya akibat dari tidak adanya koordinasi dengan pemerintah desa sehingga pembangunan tersebut menjadi tempat genangan air waktu hujan.

“Hal ini yang menjadi resahnya masyarakat di lingkungan saya, suatu pembangunan seharus dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat, tetapi kalau proyek itu hanya mengejar keuntungan pasti amburadul kerjanya, Ungkap Ketua RT 8 Tahun itu, dalam dialog bebas penyampaian aspirasi dengan anggota DPRD asal PPP itu,”jelasnya.

Reporter : Kiswan

Editor : Redaksi

Check Also

Kajari Namlea Terus Melakukan Revolusi Mental Keagamaan Anak Anak Panti Asuhan Huke Ina

NAMLEA,N25NEWS.com –  Menjelang Bulan Suci Ramadhan Majelis Taklim Fatimah mengadakan kunjungan ke Panti Asuhan Huke …