RSUD dr.Ishak Umarella Gelar Program Kesehatan Bergerak,Nuryati : Program SMS Difokuskan Pada Daerah Terpencil Dan Perbatasan

AMBON,N25NEWS.com-Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Ishak Umarella,dr.Dwi Murti Nuryati,mengatakan ada beberapa kegiatan yang hanya dimiliki RSUD Umarella salah satunya program kesehatan bergerak atau Seling Medical Service (SMS).

“program SMS tersebut kita lebih fokuskan pada wilayah-wilayah terpencil dan perbatasan,”ungkap dr.Nuryati kepada awak media pada konfrensi pers yang berlangsung di ruang rapat RSUD dr.Ishak Umarella,Selasa (20/4).

Lebih lanjut menurutnya, program kesehatan bergerak tersebut dilakukan juga untuk mengurangi berbagai dampak kesehatan yang secara realita belum menyentuh ke wilayah terpelosok.

Oleh karena itu, program SMS tersebut dilakukan sebagai upaya mewujudkan masyarakat Indonesia khususnya di Maluku yang berperilaku sehat,hidup dalam lingkungan yang sehat,serta mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu untuk mencapai kesehatan yang setinggi-tingginya.

Adapun,ditambahkannya,salah satu program yang lebih spesifik lagi adalah kunjungan rumah,diamana pasien yang pulang harus menempuh jarak yang jauh atau lokasi pada perbukitan.

“Kalau pasien kita yang lanjut usia untuk kembali ke rumah sakit perlu tenaga lebih,atau perlu kendaraan akibatnya kontrol obat terputus,nah ini kita kunjungi,”jelasnya.

Selain itu,ada juga penanggulangan gizi buruk di APBD yang pihaknya anggarkan sendiri,yang khusus untuk penyakit tertentu salah satunya gizi buruk.

Sementara itu,Nuryati juga berkesempatan pula merincikan berbagai fasilitas yang dimiliki RSUD dr.Ishak Umarella milik Pemda Maluku yang ternyata masih memiliki tipe C.

Diketahui,RSUD yang berbasis di desa Tulehu,Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah ini memiliki 115 tempat tidur,15 poliklinik serta pelayanan untuk penyakit dalam,”Untuk penyakit dalam dokternya masih dokter tamu dari RST,karena dokter definitif kami masih sekolahkan,”ujarnya.

Sedangkan untuk polispesialis RSUD dr.Ishak Umarella memiliki 2 orang dokter spesialis anak,polispesialis kandungan,spesialis bedah,paru,jantung,THT,saraf,kulit dan gizi.

RSUD dr.Ishak Umarella berbeda dengan RS lain karena satu-satunya yang dijalankan di Maluku adalah poliklinik tradisional dan komplamenter atau pelayanan kesehatan tradisional,”untuk pelayanan akupreser dengan akupunktur hanya memang kita sedang menunggu petunjuk selama masa pandemi,”ucapnya.

Selain fasilitas untuk penunjang ada farmasi,laboratorium,radiolgi untuk instalasi,”Mulai minggu depan kita ada penambahan alat pada laboratorium yakni penambahan genot,”tandasnya.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

Check Also

Kasus COVID-19 Diprediksi Akan Meningkat Di Bulan Februari,Seluruh ASN Pemprov Dan Pemkot Akan Dirapid Antigen 

AMBON,N25NEWS. com-Pemerintah telah memprediksi kasus COVID-19 akan mengalami lonjakan yang signifikan pada bulan Februari 2021,olehnya …