Rumah  Data Kependudukan di Canangkan di  Kampung  KB Ohoi Dian Pulau  Kabupaten Maluku Tenggara

MALRA,N25NEWS.com – Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Dra. Renta Rego saat membuka kegiatan Pertemuan Desiminasi Kebijakan Pengendalian Penduduk dan Pembangunan Berwawasan Kependudukan dan Pencanangan Rumah Data Kependudukan mengatakan bahwa Rumah Data Kependudukan yang berfungsi sebagai basis data dan informasi serta pusat intervensi pembangunan di Kampung KB dipastikan memiliki manfaat yang sangat besar bagi masyarakat di kampung KB.

Pertama, ketersediaan data dan informasi kependudukan yang akurat menjadi salah satu prasyarat wajib pembentukan kampung KB. Data kependudukan ini dapat bersumber dari hasil pendataan keluarga, data potensi desa dan data pencatatan sipil ataupun sumber data lain yang berkualitas sehingga dapat digunakan sebagai dasar penetapan prioritas, sasaran dan program yang akan dilaksanakan di kampung KB. Kedua, Kampung KB yang dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung (Ohoi) melalui Program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas, sangat membutuhkan data yang terkini, akurat dan terpercaya sebagai dasar perencanaan dan kebijakan pembangunan sekaligus sebagai salah satu alat ukur untuk menilai keberhasilan program-program yang dicapai di kampung KB. Ketiga, keberadaan kampung KB juga bertujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait, maupun meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan, menjadi kepemilikan data yang akurat dan terpercaya akan sangat bermanfaat, sebagai dasar pengambilan keputusan pembangunan oleh pihak-pihak yang berkompeten, sehingga pembangunan bisa dirasakan hasilnya oleh masyarakat di kampung KB.

Baca juga :   Warga Australia Berikan Bantuan Sembako Bagi  35 KK Di Negeri  Amahusu

Ditambahkan, tujuan yang ingin dicapai melalui pembentukan rumah data kependudukan ini yakni Meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dan mitra kerja dalam pengelolaan data kependudukan di Kampung KB, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya data dan informasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku yang berwawasan kependudukan, meningkatkan sinergitas komponen BKKBN dan mitra kerja dalam penyediaan dan pemanfaatan data informasi untuk intervensi berbagai permasalahan kependudukan, KB, pembangunan keluarga ataupun pembangunan sektor lain dan meningkatkan modal sosial, wahana belajar dan berintegrasi masyarakat melalui media data, modul-modul, buku-buku bacaan dan atau melalui penggunaan jaringan internet di Kampung KB.

Diharapkan untuk menjamin ketersediaan data yang akurat dan terpercaya serta data terbaru, maka pengurus Rumah Data Kependudukan melakukan pertemuan rutin bulanan untuk menyepakti data, mengevaluasi kegiatan dan merencanakan kegiatan bulan berikutnya serta melaporkan apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab pengurus rumah data kependudukan kepada kepala ohoi.

Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku yang didamping Kepala Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Maluku Tenggara Drs. H. Thalib Renhoran selanjutnya melakukan kunjungan ke Rumah Data Kependudukan Kampung KB Ohoi Dian Pulau.

Editor :Redaksi

Sumber Humas  BKKBN Maluku

Check Also

UPT Pemasyarakatan Sabet Penghargaan Dari Dirjenpas

AMBON,N25NEWS.com  – Delapan Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan …