Rusdi Ambon Upayakan Tuntaskan Permasalahan Di Panca Karya.

AMBON,N25NEWS.com-Sejak ditunjuk pada 22 Mei 2019 lalu oleh gubernur Maluku,Murad Ismail,sebagai pelaksana tugas (Plt),Perusahan Daerah (PD) Panca Karya,Rusdi Ambon terus berupaya menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Maluku tersebut.

Hal itu dilakukannya,setelah menerima hasil audit keuangan dari berbagai inspektorat Provinsi Maluku dan BPKP.

“Waktu saya masuk ada langkah lima (5) Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yang tidak beropetasi,”ungkapnya kepada awak media saat ditemui di salah satu cafe di Kota Ambon,senin (25/11/2019).

Dirinya juga menandaskan akan mengupayakan agar hutang yang selama ini membelit perusahaan daerah (PD) yang cukup vital di Maluku ini segera dapat dibayarkan.

Lebih lanjut Rudi Ambon mengutarakan bahwa pada tahun 2018 lalu Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya tidak dapat pemasukan sama sekali,hal tersebut terlihat dari bukti pajak yang ada pada perusahaan.Walaupun begitu,hutang sebesar Rp.1,7 milyar pada perusahaan itu berusaha diselesaikannya.

Adapun,ada beberapa hal yang membuat PD Panca Karya tidak ada pendapatan,yakni managemen yang sangat buruk dan juga sarana/fasilitas perusahaan yang juga begitu buruk (tak layak).

Baca juga :   Pabung Malteng Lepas Anggota Pindah Satuan

“Tentunya saran/fasilitas yang buruk ini,seperti kantor yang bocor dan lainnya,maka sudah barang tentu sangat mempengaruhi kepercayaan terhadap perusahaan,tutur mantan Kadis PMD provinsi Maluku ini.

Sementara itu,hal yang sungguh ironis terjadi dimana perusahaan daerah ini sumber daya manusianya (SDM) nya sangat terbatas serta sangat minim dalam berinovasi.

Oleh karena itu dengan adanya bantuan kapal roro 1500 GT,dari Kementerian Perhubingan RI,maka pihaknya akan secepatnya memproses ijin pelayarannya,guna dioperasikan.

Adapun diketahui,untuk rutenya yakni Ambon-Banda-Tual,hal ini untuk membantu mendongkrak pendapatan daerah dan juga pada sektor pariwisata di provinsi Maluku.

“Untuk itu,harapan saya pada pulau Banda dengan potensi pariwisatanya dimana Menteri Pariwisata pada kabinet periode yang lalu telah menetapkan pulau Bair dan Pasir Timbul sebagai surga yang tersembinyi,”tandas Rudi Ambon.

Reporter : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

Check Also

UPT Pemasyarakatan Sabet Penghargaan Dari Dirjenpas

AMBON,N25NEWS.com  – Delapan Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan …