Sabirin,Covid-19 Tidak Terlalu Berdampak Bagi Perizinan

AMBON,N25NEWS.com–Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu (PTSP) Provinsi Maluku, Suryadi Sabirin menyebutkan,meskipun saat ini pandemi Covid-19 tengah mewabah termasuk di Maluku, hal ini tidak terlalu berdampak bagi pengurusan perizinan.

“Covid-19 denga tahun 2020 itu,tidak terlalu ada dampak bagi perizinan,jadi tidak berpengaruh,”kata Sabirin kepada awak media saat ditemui dirinya di kantor Gubernur Maluku,kamis (16/7).

Penyebabnya kata mantan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku itu,dikarenakan sebagian besar perizinan yang diproses adalah menyangkut trayek dan Surat Izin Usaha Perikanan atau SIUP kapal.

“Kenapa tidak pengaruh? karena rata-rata izin itu kan izin untuk trayek, izin untuk SIUP kapal. Kapal itu kan jelas, kalau dibawah 30 GT itu kewenangan provinsi, kalau diatas itu kewenangan pusat. Berarti pengusaha-penguaha perikanan yang besar itu izinnya dari Pusat. Normal saja,”sambungnya.

Apalagi kata dia seperti nelayan misalnya,tidak terlalu terdampak covid-19.Dilain sisi,sebagaimana pesan dari Presiden Jokowi,meskipun tengah dilanda pandemi Covid-19 yang mengglobal saat ini, persoalan ekonomi juga tetap harus diperhatikan.

Baca juga :   Jemaat Imanuel Amahusu,Gelar Diskusi Pencegahan Radikalisme Dan Sadar Konstitusi Berbasis Komunitas

“Yang tidak kena Covid itu petani dan nelayan. Karena,mereka tidak ngumpul-ngumpul. Jadi kita juga tidak melarang, karena seperti yang di bilang Pak Jokowi, ekonomi juga harus dipertimbangkan kesehatan juga harus dijaga, makanya harus ada keseimbangan,”ujarnya.

Hanya saja,berapa banyak perizinan yang diproses selama Semester I Tahun 2020 dan perbandingannya dengan periode yang sama tahun sebelumnya, Sabirin mengaku tidak menghafalnya.

Yang pasti lanjut Sabirin, tidak ada perbedaan yang signifikan antara periode yang sama tahun 2020 dengan tahun 2019.”Itu dia yang saya tidak hafal, harus lihat data dulu, jangan sampai saya salah. Dibanding semester pertama 2019 dengan semester pertama 2020, tidak ada perbedaan yang signifikan,”tandasnya.

Reporter       : Aris Wuarbanaran

Editor          : Redaksi

Check Also

Genjot Pembangunan Pondasi Mesjid Desa Nang,Satgas Pra TMMD Dan Warga Bahu Membahu

HALSEL,N25NEWS.com-Masjid Desa Nang yang masuk dalam sasaran pengerjaan pembangunan Fisik TMMD ke 112 Kodim 1509/Labuha …