Samal Akui Lomba Hadrat Ikasemda Simpan Pesan Damai di Huamual

Huamual,N25NEWS.com – TURAYA Samal ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendukung penuh pelaksanaan lomba hadrat tingkat kecamatan yang digagas oleh Ikatan Keluarga Alumni 92 (IKASEMDA) Madrsah Tsanawiyah Iha-Kulur.

Sikap dukungan yang diberikan diaplikasikan dengan turun langsung diarena kegiatan menjadi juri lomba.

Lomba Hadrat pasca Idul Fitri tersebut menurutnya untuk memperkuat hubungan antar negeri-negeri adat serta dusun di kecamatan tersebut.

“Pada prinsipnya, kita mendukung penuh kegiatan seperti ini. Apalagi kegiatan bernafaskan Islam dalam suasana Idul Fitri. Kiranya pula, kegiatan ini untuk mepertegas lagi hubungan kekerabatan antar kita orang saudara terutama Iha dan Luhu serta dusun-dusun lainnya,” ungkap Samal.

Samal yang juga bagian dari anggota Ikasemda mengaku, pelaksanaan kegiatan oleh pihaknya kental memuat pesan damai negeri adat, Iha-Kulur dan Luhu.

Dikatakan, image masyarakat Maluku terhadap hubungan ketiga negeri di Huamual ini kurang baik. Olehnya itu, kegiatan ini melibatkan penuh unsur-unsur pimpinan Iha, Kulur, Luhu serta masyarakatnya.

“Kiranya pesan damai ini dapat ditangkap dan jadikan pilot project perdamaian di provinsi Maluku,” ungkapnya.

Samal berharap pelaksanaan kegiatan serupa dapat dilakukan di tahun-tahun mendatang dalam skla yang lebih besar lagi.

“Saya bangga kepada teman-teman panitia pelaksanaan kegiatan ini. Semangat mereka menyaingi anak anak muda. Panitia ini gabungan dari negeri Iha-Kulur dan Luhu. Apresiasi dan terimakasih tentu diberikan. Semoga apa yang dibuat berdampak penuh kepada masyarakat serta menjadi cacatan amal tersendiri untuk mereka yang telah sibuk menyukseskan kegiatan ini,” pungkasnya.

Sementara ketua panitia Ridwan Samal melalui Salbat Selan
manyampaik ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan tersebut.

Pihaknya mengaku, kegiatan tersebut berkat dorongan berbagai pihak, terutama kedua masyarakat negeri yang telah bepartisipasi.

“Kegiatan ini tidak akan berlangsung jika tidak didukung masyarakat Iha Kulur dan Luhu,” akuinya.

Terimakasih pula kepada pemerintah negeri Luhu yang mana telah menjadi tuan rumah dan pemerintah negeri Iha serta kulur yang juga telah mengijinkan pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan pula di negeri Iha.

“Lomba hadrat dimulai di negeri luhu dan finisnya di negeri Iha. jumlah peserta lomba sebanyak 20 grup. Masyarakat 19 dusun juga ikut berpartisipasi,” ungkapnya.

Terimaksih pula kepada donatur yang telah menyumbang ide dan materi demi menyuseskan kegiatan tersebut.

“Kedepan, jika Allah mengijinkan, kami akan buat agenda yang sama tetapi dalam skla yang lebih besar lagi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, lomba hadrat dilepas secara resmi oleh Penjabat negeri Luhu Rajab Waleulu didampingi staf negeri Iha dan Kulur. Momen tersebut bukan saja dilaksanakannya lomba melainkan juga dipaketkan dengan Hal Bi Halal dengan menghadirkan Al Ust. Abdu Rahman Makatita pendiri Rumah Tahfiz Negeri Wakal. ***

Check Also

Yayasan Indah Salurkan Bantuan ke Maluku, Kabupaten SBB Kuota Terbanyak

MALUKU,N25NEWS.com – YAYASAN Insan Cerdas Sejahtera (Yayasan Indah) kembali menyalurkan puluhan hewan qurban di Indonesia …