Sambut Idul Adha, 600 Siswa/siswi Madrasah Kailo Berlatih Manasik Haji

KAILOLO,N25NEWS.COM – Suasana Masjid Jami Nandatu Sahapory Kailolo, Sabtu(10/8) diramaikan dengan kurang lebih 600 siswa/siswi madrasah tingkat MI, MTs dan MA berkain ihram dengan mengumandangkan kalimat talbiyah “Labbaik Allahumma labbaik, labbaik laa syariika laka labbaik, inna al-hamda, wa ni’mata laka wa al-mulk. Laa syariika laka” sambil mengitari miniatur Kakbah dengan sungguh-sungguh.

Inilah rangkaian wisata riligus belajar manasik haji menyambut Idul Adha 1440 di pulau Haruku khususnya dinegeri Kailolo yang digagas Madrasah Tsanawiyah (MTs) swasta Al Islah sejak tahun 2013 yang kini sudah masuk tahun ke-7.

Untuk tahun ini, rombongan manasik bukan hanya datang dari kalangan siswa/siswi madrasah tapi juga melibatkan pelajar SD, SMP dan SMA sedaratan negeri yang dijuluki serambi Mekkah dari Negeri Kailolo.

Berlokasi di MIN 7 Maluku Tengah (Malteng) Kailolo sebagai titik kumpul rombongan menjalankan wisata religi manasik haji yang diibaratkan sebagai Masjidil Haram selanjutnya menuju bukit Arafah, dengan melintasi Mina dan Muzdalifah dan setelah tiba di Mekkah, jemaah melakukan Thawaf Qudum (Thawaf Kedatangan) dengan tujuh kali putaran mengelilingi miniatur Ka’bah yang berlokasi dipelataran Masjis Jami Nandatu Sahapory Kailolo hingga pada pelemparan Jumrah dan berakhir di Thawaf Wada.

Bahkan di saat tawaf, nampak terlihat guru pembimbing manasik haji juga menjelaskan mengapa harus berjalan melawan arah jarum jam dan mengelilingi Ka”bah tujuh kali sambil berdoa.

Termasuk melontar jumrah yang didasarkan pada perilaku Nabi Ibrahim as yang melempar setan ketika ia ingin menunaikan perintah Allah Swt.

Sekretaris Negeri Kailolo Abdullah Marasabessy menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara yang telah menetapkan kegiatannya sebagai wisata religi pembelajaran manasik haji usia dini yang ditetapkan sebagai egenda tahunan.

“Kami beri apresiasi bagi yayasan Al Islah lewat madrasahnya yang menyelenggarakan pelatihan manasik haji, sebagai wisata religi yang dilaksanakan setiap tahun,”ungkapnya.

Sebelumnya Kepala MIN 7 Malteng
Nurlaila Marasabessy selaku penyelanggara kegiatan Nurlaila Marasabessy mengatakan, pelaksanaan wisata religi manasik haji tahun ini beda dengan tahun ini yang jumlahnya kurang lebih 600 pelajar.

Kegiatan pelatihan manasik haji sebagai program tahunan yang diikuti murid yang dimulai dari tingkat PAUD hingga jenjang pendidikan menengah yang ada di wilayah Negeri Kailolo untuk mengenalkan tata cara pelaksanaan ibadah haji dan dilakukan jelang Hari Raya Idul Adha.

Sementara itu Ketua Pengurus Besar ( PB) Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kailolo (HIPPMAK) Nasit Marasabessy mengatakan, selaku pengurus HIPPMAK sengat memberikan apresiasi yang luar biasa kepada pihak yayasan Al Islah yang telah sukses menyelengaran pembelajaran manasik haji bagi pelajar yang sudah memasuki tahun ketujuh.

“Ini juga bagian dari proses pembelajaran buat anak didik dan sekaligus, sebagai si’ar tata cara melaksanakan ibadah haji yang ditanamkan pada pelajar madrasah dan sekolah umum yang ada di pulau Haruku,”ungkapnya.

Dengan demikian dirinya sangat mengharapkan kegiatan manasik yang dilaksanakan keluarga besar Sahapory dengan angkatan 09 dan HIPPMAK bisa dijadikan momentum dalam rangka peningkatan kualitas pengetahuan peserta didik dan generasi Kailolo dimasa-masa akan datang semakin lebih baik.

Momentum tersebut lanjut Ketua HIPPMAK, itu dilaksanakan satu hari sebelum perayaan Idul Adha, sehingga perlu adanya dukungan dari berbagai pihak di Negeri Kailolo agar kegiatan tersebut kedepan bukan hanya melibatkan pelajar tetapi unsur pemuda pemudi yang ada di negeri/desa tetangga.

Ia menambahkan selain manasik haji, untuk meramaikan Idul Adha juga dilaksanakan pawai obor dimalam hari dan keesokan harinya setelah sholat Id dilanjutkan dengan lomba Hadrat tingkat anak dan dewasa.

“Untuk rangkaian akhirnya menunggu jemaah haji asal Kailolo pulang dari Mekkah dan setelah tiba di sini, langsung digiring bermalam di suatu tempat yang biasa disebut dengan”Nanggar” mereka transit disitu nginap semalam sebelum kembali pulang kerumah masing-masing,”bebernya

Reporter :Gali m

Editor : Redaksi

Check Also

Yayasan Indah Salurkan Bantuan ke Maluku, Kabupaten SBB Kuota Terbanyak

MALUKU,N25NEWS.com – YAYASAN Insan Cerdas Sejahtera (Yayasan Indah) kembali menyalurkan puluhan hewan qurban di Indonesia …