Samloy,Pemda MBD Segera Legalkan Sopi

AMBON,N25NEWS.com-Masyarakat di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD),meminta Pemerintah Daerah setempat untuk segera melegalisasikan sopi atau minuman adat dan juga merupakan salah satu penghasil utama di MBD.

“Kita ketahui sopi sendiri telah menjadi salah satu minuman tradisonal secara turun temurun yang sering dipakai dalam acara-acara adat di MBD dan misalnya pada kegiatan budaya kalwedo,”kata Ketua PMAPK Jordan Samloy kepada awak media belum lama ini.

Dijelaskannya,Kalwedo atau sebutan untuk masyarakat Maluku Barat Daya,pada beberapa tempat di wilayah MBD,seperti Kisar,Leti dan Babar,yang menjadikan minuman tradisional ini sebagai penghasil utama,kebanyakan orang MBD dan Tanimbar juga sebut sopi dengan nama Arak.

“Pemerintah Daerah Maluku Barat Daya,seharusnya segera mungkin melegalkan minuman tradisional tersebut agar tetap terjaga dan diwarisi kearifan lokanya untuk masyarakat MBD sampai selamanya,”jelas Samloy.

Menurutnya,minuman sopi ini disamping merupakan kearifan lokal,namun juga sebagai identitas masyarakat MBD,maka sudah semestinya Pemda dapat merespon keinginan masyarakat dengan melegalkan munuman orang Maluku secara umum ini.

“Bagi saya Pemda MBD segera legalkan sopi ini,dalam sebuah peraturan daerah (Perda),sebagai payung hukum,sebab kita tahu sopi sangat vital untuk mendongkrak perpustakaan ekonomi masyarakat MBD yang pekerjaannya sebagai pembuat sopi,”ujar Samloy.

Adapun,ia menilai selama ini Pemda MBD tidak serius dalam menangani permasalahan atau kasus sopi,selain itu Pemda justru lebih menganggap sopi sebagai munuman illegal,padahal masyarakat sangat membutuhkan eksen dari pemerintah dengan melahirkan Perda payung,guna mendukung perekonomian di bumi kalwedo tersebut.

“Untuk itu saya berharap Pemda dapat fokus pada segi hukumnya,maka sudah pasti memiliki payung hukum yang akurat,dengan bitu masyarakat akan menjual sopi sesuai dengan aturan yang berlaku,”tandas Jordan.

 

Check Also

Nikolas Kilikily Optimis Dapat Rekomendasi Dari Partai Gerindra

AMBON,N25NEWS.com – 5 Bakal Calon Bupati Maluku Barat Daya yang mendaftar ke Partai Gerindra kemarin …