Sampono,DD Banyak Bermasalah Karena Pengelola Minim SDM

AMBON,N25NEWS.com-Wakil Ketua I DPD RI Letjen TNI Mar (Purn) Dr.Nono Sampono,M.Si,mengatakan Dana Desa (DD) yang dikucurkan oleh Kementerian Keuangan,sering kali bermasalah di karenakan sangat minim Sumber Daya Manusia (SDM) terutama Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Hal itu,diungkapkan Sampono saat mengadakan Kunjungan dan Tatap Muka dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Buru Selatan (Bursel),pada senin,(9/3).Tatap muka ini lebih membahas mengenai kualitas pendidikan kepala desa yang belum memenuhi standart,namun karena desa masuk pada klaster adat,maka Pemda tidak bisa berbuat banyak selain tetap mendukung.

“Saya inginkan arah kebijakan DD tahun 2020 dikerahkan untuk peningkatan SDM kepala desa dan perangkat desa.Sebab selama ini kita sudah banyak fokus ke fisik,kini saatnya kita mengoptimalkan sumber daya manusianya untuk mengembangkan wilayahnya,”kata Sampono.

Jika kualitas dari kepala desa ditingkatkan,mantan Marinir itu yakin masyarakat akan lebih memanfaatkan peluang yang ada di desa untuk dikembangkan.Selain itu,pengetahuan tentang pengelolaan DD ini,maka sudah barang tentu akan menjawab persoalan kemiskinan.

Sementara itu,kabupaten/kota sebagai rolle model dalam pengelolaan DD,harus berani melakukan pemekaran terhadap desa,maupun dusun,namun tanpa menabrak rambu-rambu adat.Selain itu,dusun-dusun juga harus di mekarkan menjadi desa pemerintahan.

“Untuk itu,saya berharap desa-desa adat memiliki hak-hak yang diakui oleh konstitusi kita.Selain itu,dalam UUD 45 mengakui hak adat dan ulayat.Sekarang kita di DPD sementara merancang UU agar hal ini bisa tetap di jaga,”tandas Sampono.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

BNNK Bursel Ajak Masyarakat Cegah Covid-19 Dan Hindari Narkoba

NAMROLE,N25NEWS.com- Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota (BNNK) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) mengajak masyarakat untuk bersama melawan …