Sebanyak 25 Dokter Lulusan Fakultas Kedokteran Unpatti,Akan Bertugas Selama 1 Tahun Di Kabupaten/Kota

AMBON,N25NEWS.com-Sebanyak 25 orang dokter yang merupakan lulusan dari Fakultas kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon akan mengabdi selama satu tahun di kabupaten/kota di daerah di Maluku.Dimana,mereka telah menyelesaikan program dokter intersip Indonesia.

Acara pelepasan itu berlangsung di pelataran Dinas Kesehatan Provinsi Maluku,Rabu (30/6/2021).

Sekda Maluku Kasrul Selang dalam arahanya sekaligus melepas para dokter tersebut menyampikan,melalui program ini kiranya dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan pada masyarakat di Maluku.

Dikatakannya,pemerintah provnsi (Pemprov) Maluku menyampaikan terimakasih kepada Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura yang telah mendidik para dokter tersebut.

“Harapan kita bersama melalui program ini dpat memenuhi kebutuhan dokter pada sarana pelayanan kesehatan di seluruh Maluku” katanya.

Ditempat yang sama Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura,DR dr Bertha Jean Que SPS Mkes ,menyampaikan keberadaan fakultas kedokteran Unpatti ,seiring berjalannya waktu dapat menjawab kebutuhan tenaga dokter di daerah ini.

Lebih lanjut dia mengatakan,sesuai data dari Kementerian Kesehatan bidang Sumberdaya Manusia Kesehatan (SDMK) per April 2021,Maluku berada pada urutan empat dari 10 provnsi yang Puskesmasnya tidak ada dokter.

Menurutnya fakultas kedokteran Unpatti memilki komitmen menyelenggarakan pendidikan dan menyiapkan calon dokter berorientasi kepulauan.

Dirinya juga menyampaikan,agar pemerintah kabupaten/kota harus memilki komitmen terhadap pembanguan kesehatan didaerahnya masing masing.

“Pemerintah kabupaten/kota,tidak boleh menutup mata akan kebutuhan tenaga kesehatan didaerahnya,Pemda setempat harus membangun komitmen ,dengan menyiapkan intensif mereka dan fasilitas penunjang pelayanan kesehatan”jelasnya.

Dari 25 orang dokter tersebut dua orang dokter merupakan penerima beasiswa dari daerah asalnya yaitu Kabupaten Maluku Barat Daya, sedangkan empat orang dari Kabupaten Maluku Tengah.

Check Also

Danrem 151/Binaiya,Kasus Covid-19 Di Maluku Terjadi Penurunan

AMBON,N25NEWS.com-Dandrem 151/Bianaiya Brigadir Jenderal Aristoteles Paplapna Ritiauw yang adalah Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi …