Sekda Maluku,Dua Warga Ambon Hasil Tracking Terkonfirmasi Positif Covid-19

AMBON,N25NEWS.com-Dua warga Kota Ambon dinyatakan posetif terinfeksi Coronavirus Disease 19 (Covid-19),mengakibatkan kota Ambon kembali bertambah kasus terkonfirmasi posetif Covid-19 naik menjadi 22 pasien,bertambahnya dua pasien ini karena tertular dari pasien 15.

Hal tersebut disampaikan Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku,Kasrul Selang saat jumpa pers di Kantor Gubernur Maluku,senin (27/4/2020).

Lebih lanjut Kasrul Selang mengakui sangat sedih dengan dua kasus baru ini.Kedua pasien dinamai Kasus 21  dan 22 yang masing-masing berinisial HB dan B,keduanya sementara ini dirawat di RST Latumeten, Ambon.

“Bertambahnya dua kasus  ini,saya sangat sedih sekali.Selain itu,pelaku perjalanan tidak mengindahkan semua protokol Covid-19,kemudian juga tidak melakukan isolasi mandiri.Bahkan pelaku melakukan ibadah di suatu rumah ibadah yang membuat beberapa warga ikut terjangkit,”ujar Kasrul Selang.

Adapun,Kasrul secara tegas meminta seluruh masyarakat Maluku untuk melakukan isolasi mandiri.Selain itu,mentaati himbauan pemerintah,maka sudah barang tentu hal ini akan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,apalagi kasus 15 ini sudah terjadi transmisi lokal.

“Kalau kasus 02, karena di dalam rumah menjangkiti orang rumah, jadi dari situ belum kemana-mana, sehingga baru sampai di klaster kedua. Tetapi kasus 15 ini sudah terjadi sampai klaster ketiga karena dari pelaku perjalanan ke beberapa orang lagi. Kita berdoa agar penyebarannya tidak besar,”bebernya.

Baca juga :   Pengurus Mapida,Kwarda Dan LPK Gerakan Pramuka Maluku Resmi Dilantik

Kasrul menghimbau kepada tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah, untuk melakukan isolasi mandiri, jika pulang dari luar daerah.

“Kita tidak boleh anggap remeh seperti begini. Mungkin kasus 15 pikir sehat kemudian ke tempat ibadah, ternyata di kerumuman orang ditempat ibadah itu menularkan ke beberapa orang. Ini yang kami merasa sedih, mudah-mudahan ini yang terakhir, dan tidak terjadi hal-hal seperti begini,”jelasnya.

Menurut Kasrul, untuk tiga orang yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, kata Kasrul untuk pelaku perjalanan dari Bau-Bau, merupakan pensiunan TNI umur 63 tahun yang saat ini dirawat di RST dinamai kasus 18.

“Jadi yang dikabar beliau ke Gemba, itu belum, baru rencana. Karena beliau sakit kemudian diperiksa di RST, dan hasilnya positif. Jadi beliau belum sampai ke Gemba,”ucapnya.

Kasrul menambahkan, sedangkan dua ABK KM Dobonsolo, berinisial R (25 tahun), dan BK (32 tahun), dinamai kasus 19 dan kasus 20. Keduanya menjalani isolasi di BPSDM Maluku.

“Untuk itu,dengan ada penambahan dua kasus, total terkonfirmasi positif 22 orang, 11 orang masih menjalani isolasi, dan 11 orang sudah dinyatakan sembuh, terakhir pasien kasus 03 Warga Saparua, Malteng,”tandasnya.

Reporter            : M Nurlette

Editor               : Aris Wuarbanaran

 

 

 

 

 

Check Also

Sehari Sebelum Dilantik,Widya Buka Pembekalan Pengurus Kwarda Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Jelang sehari dilantik oleh Ketua Kwarnas Pramuka, Budi Waseso, Pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mabida), Kwartir …