Sekda,Dampak Covid-19 Tidak Mempengaruhi Kebutuhan Pokok Di Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku,Kasrul Selang mengatakan dampak penyebaran virus corona (Covid-19) tidak mempengaruhi kebutuhan pokok.Bahkan,Pemerintah Daerah (Pemda) memastikan stok bahan pokok di Provinsi Maluku cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga perayaan Paskah,puasa dan Lebaran.

“Pemda jamin kebutuhan pokok di Maluku cukup untuk beberapa bulan kedepan.Jadi masyarakat tidak perlu kuatir dengan keterbatasan pangan,termasuk gula yang kini harganya sudah aman,”kata Sekda pada awak media saat jumpa pers di Kantor Gubernur Maluku,kamis (19/3).

Dijelaskannya,harga gula dipasaran sempat mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan,namun kondisi tersebut berangsur aman,sebab stok gula dari sentara produksi mulai masuk.Selain itu,stok kebutuhan pokok lainya juga tersedia dalam jumlah yang cukup aman seperti beras yang diperkirakan akan sampai lima bulan kedepan.

Adapun,Sekda mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membeli kebutuhan pokok ini dalam jumlah yang berlebihan atau secara besar-besaran,sebab Pemda bersama Satgas Pangan akan selalu melakukan pengawasan pembatasan pembelian produk ritel.Meskipun begitu,kata Sekda ada empat bahan pokok yang  dipantau tidak ada batasannya seperti,beras,gula,minyak goreng dan mie instan.

“Bila situasi yang membuat tidak nyaman atau ditemukan konsumen yang belanja berlebihan,maka  ritel langsung berkomunikasi dengan Satgas Pangan,selain itu kita tidak ingin ada panic buying atau apapun yang menyebabkan keramaian tidak normal,”jelas Sekda.

Lebih lanjut,Sekda tandaskan pembatasan ini dilakukan untuk pemerataan penyaluran kebutuhan pokok di masyarakat,maka dengan demikian sudah barang di tentu ritel modern mencegah spekulan.Selain itu, kebijakan  ini untuk mendukung program Gugus Tugas percepatan penanganan corona virus (Covid-19). Di samping itu, Satgas juga mengupayakan agar distribusi berjalan lancar.

“Untuk itu,kami berharap kepada basudara semua (kita semua) dimana kita sama-sama tau sebentar lagi akan ada perayaan Paskah,dan bulan Puasa Ramadhan,serta masyarakat  tidak usah kawatir sebab pemerintah daerah sudah mengatisipasi kondisi ini,”tandas Sekda.

Reporter            : Aris Wuarbanaran

Editor                : Redaksi

 

Check Also

299 Tamtama Remaja Resmi Dilantik Di Rindam Pattimura

AMBON,N25NEWS.com-Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E, M.M., yang diwakilkan oleh Kasdam XVI/ Pattimura, …