Soal Polimik Kata Kalwedo,Kilikily-Orno Buka Suara

AMBON,N25NEWS.com-Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD),Nikolas Kilikily dan Odie Orno,akhirnya memberikan komentar mereka mengenai polimik terkait kata Kalwedo yang seolah-olah diplintir guna menjegal Kilikily-Odie,dengan jargon Kalwedo ini.

“Kata Kalwedo tidak perlu dipolimikkan dan apa sih yang diributkan,tidak ada yang salah dengan kata Kalwedo,sebab Kalwedo sendiri adalah kearifan lokal yang bahasa kandungnya memiliki makna seperti syalom,maupun asalamualikum.Selain itu,Kalwedo sebagai bahasa pemersatu dan identitas kita,”ungkap Odie Orno kepada N25NEWS.com,saat konfirmasi belum lama ini.

Lebih lanjut menurutnya,kata Kalwedo tidak ada kaitannya dengan melanggar Perda dan adalah sebuah ironi,jika pihak pemerintah mengirim surat ke KPUD untuk menghimbau setiap paslon agar tidak menggunakan kata atau lambang daerah,padahal himabauan dari Sekda MBD ini bisa dikatakan halu.

“Karena itu,kami gunakan kata Kalwedo dan itu harus kita bumingkan supaya seluruh Indonesia dab bahkan dunia tau bahwa Kalwedo itu di MBD.Saya minta masyarakat jangan terganggu dengan polimik kata Kalwedo itu.Karena itu,saya mau katakan mereka yang memainkan polimik ini,hanya ketakutan yang berlebihan saja,”ujar Odie Orno.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

299 Tamtama Remaja Resmi Dilantik Di Rindam Pattimura

AMBON,N25NEWS.com-Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E, M.M., yang diwakilkan oleh Kasdam XVI/ Pattimura, …