Status Kamariang Di Pilkades 2020 Mendatang,Pemuda Desa Setempat Angkat Bicara

AMBON,N25NEWS.com-Negeri Kamariang adalah salah satu negeri adat yang berada di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Berdasarkan cerita sejarah negeri ini,dahulunya di pimpin oleh seorang raja dan saniri negeri sebagai pembantu dalam sistem pemerintahan negeri tersebut dan juga baileo sebagai rumah adat.Konon aktif di fungsikan sebagai tempat sakral untuk prosesi adat diantaranya juga seperti pemilihan raja dan acara-acara lain yang dianggap terhormat dan perlu dilakukan di situ.

Menyikapi hal tersebut Jemi Putirulan sebagai anak negeri ingin menegaskan kepada pimpinan negeri yang dalam hal ini dipimpin oleh pejabat negeri.

Ia memintah,agar jangan diam dan jangan harus segera mungkin dapat mempertimbangkan kelestarian budaya yang pernah ada sebagai panutan dalam pilkades 2020,mengingat Negeri Kamariang merupakan salah satu dari 51 desa yang siap untuk melakukan pilkades pada tahun 2020 mendatang.

Menurut Putirulan,sebagai generasi muda dia berharap agar pejabat negeri Kamariang mampu untuk menyatukan kembali apa yang sementara ini menjadi tanda tanya di benak anak-anak muda tentang status negeri ini.

Ia mempertanyakan,apakah Kamariang adalah (Negeri) yang dipimpin nantinya oleh raja ? ataukah Kamariang adalah (Desa) yang nantinya di pimpin oleh kepala desa ?.

Untuk itu,kiranya ada sinergitas antara pimpinan desa tokoh-tokoh masyarakat,serta orang tua-tua adat dan anak muda dalam membangun komitmen seperti apa nanti Pilkades 2020 di Negeri Kamariang.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

299 Tamtama Remaja Resmi Dilantik Di Rindam Pattimura

AMBON,N25NEWS.com-Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E, M.M., yang diwakilkan oleh Kasdam XVI/ Pattimura, …