Tagop Himbau Warga Bursel Keluar Rumah Wajib Pakai Masker Untuk Pencegahan Covid-19

NAMROLE,N25NEWS.com-Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Tagop Sudarsono Soulisa mengajak masyarakat untuk diwajibkan menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah.

“Kita menghimbau warga setiap keluar rumah itu diwajibkan memakai masker,sebab masker menjadi sarana utama untuk melindungi diri,”kata Tagop,saat memimpin rapat bersama para kepala desa di Namrole,sabtu (11/4).

Lebih lanjut Tagop mengatakan,selain masker untuk melindungi diri,ia meminta untuk warga desa agar perbiasakan menjaga kebersihan dirumah dengan perbiasakan mencuci tangan dan jalankan social distancing dan stay di rumah.

Disebutkan Bupati himbauan wajib mengenakan masker saat beraktivitas diluar rumah,ini sesuai dengan anjuran yang dikeluarkan oleh pemerintah.Selain itu,katanya warga desa tak perlu gunakan masker standar,namun cukup menggunakan masker kain yang bisa dicuci setelah digunakan.

Sementara itu,Bupati juga menyinggung dan meminta para kepala desa untuk memperketat pengawasan terhadap para pendatang yang baru masuk ke wilayahnya.

“Kepada para kepala desa saya minta agar melakukan pengawasan serta mengumpulkan semua kepala desa untuk memberikan informasi terkait orang-orang (warga) yang baru datang dari luar Kabupaten Buru dalam waktu 14 hari kedepan,”ungkap Tagop.

Adapun,permintaan orang nomor satu di pemerintahan Bursel itu agar intens melakukan pengawasan,untuk memastikan asal usul pendatang (masyarakat) tersebut.Sehingga,data maupun kondisi pendatang juga dapat dipastikan sehat atau tidak.

Masih dalam rangka mengantisipasi masuknya Covid-19,pemerintah kabuptaen Bursel melalui instruksi Bupati juga akan melakukan pembentukan posko diantaranya pada pintu-pintu masuk di desa-desa masing-masing.

Adapun,Tagop tegaskan,mengantisipasi penyebaran virus corona tersebut,pemantauan tidak hanya dilakukan bagi pendatang dari luar,namun warga di Bursel juga tetap harus ada dalam pemantauan.Sebab saat ini dibeberapa desa di Bursel sudah terindikasi ada kasus corona.Contohnya ada satu pasien yang posetif dan sudah dibawa ke Ambon.

“Saya akan meminta kepada Kepala Dinas Desa untuk segera mengkucurkan anggaran,selain 5 persen dana desa (DD) yang digunakan untuk mengatasi Covid-19 ini.Anggaran tambahan perlu dikucurkan guna memperlancar pementasan virus yabg sangat mematikan ini,”tandas Tagop.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

BNNK Bursel Ajak Masyarakat Cegah Covid-19 Dan Hindari Narkoba

NAMROLE,N25NEWS.com- Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota (BNNK) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) mengajak masyarakat untuk bersama melawan …