Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel),Tagop Soulissa

Tagop,Pemilihan BPD Merupakan Proses Demokrasi Politik Di Tingkat Desa

NAMROLE,N25NEWS.com-Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel),Tagop Soulissa mengatakan,pemilihan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD),yang dilaksanakan di 13 desa yang berada di Bursel, merupakan amanat dari peraturan perundang-undangan dalam mewujudkan proses demokrasi politik di tingkat desa.

Menurutnya lagi,pemilihan BPD harus dimaknai sebagai sebuah proses dalam mewujudkan cita-cita pembangunan di desa,yakni terwujudnya masyarakat desa yang sejahtera,maju dan mandiri.

“BPD yang baru dilantik,saya ingatka,terpilihnya saudara-saudara,merupakan langkah awal dalam melakukan upaya-upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa,”ungkap Bupati dalam sambutannya pada acara Pelantikan BPD yang berlangsung di Kecamatan Leksula,jumat (24/01/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan,BPD sebagai lembaga formal yang mempunyai peran strategis dalam mendorong transparansi,akuntabilitas,demokrasi dan kesejahteraan warga,haruslah mampu menjadi benteng dari iklim atau budaya pemerintahan desa yang bersih,serta mampu merumuskan indicator kinerja,agar masyarakat dapat melakukan penjagaan terhadap BPD itu sendiri.

“Kita juga ingin agar setiap anggota DPD,senangtiasa meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan inovasinya,untuk menghindari persoalan hubungan disharmonis antara DPD dan pemerintahan desa yang acapkali terjadi akibat kesenjangan pemahaman tentang pengetahuan regulasi yang ada,”kata Soulissa.

Adapun,kekuatan BPD itu terletak pada kemampuan check and balance,selain itu BPD juga memiliki hak untuk konfirmasi mengenai pembangunan desa dan terkait apa saja program yang sudah berjalan dan iyang tidak dijalankan.

“Untuk itu saya berharap,BPD harus benar-benar bisa menjadi partner kepala desa dalam membangun desanya,namun DPD juga harus menjadi pilar utama jembatan koordinasi Pemdes dengan masyarakat dan jangan sampai kurang memahami agenda-agenda yang diharapkan secara evektif dapat menciptakan pembaharuan desa,”tandas Soulissa.

Sementara itu,untuk diketahui ke 13 yang melakukan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa yaitu,desa Kase,Waenamaolon,Neath,Waehaolon,Mepa,Tifu,Ewiri,Waemala,Waewali,Slealale,Walunhelat,Leksula dan yang terakhir desa Liang.

 

Reporter              : Evan Billy

Editor                  : Aris Wuarbanaran

 

Check Also

BNNK Bursel Ajak Masyarakat Cegah Covid-19 Dan Hindari Narkoba

NAMROLE,N25NEWS.com- Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota (BNNK) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) mengajak masyarakat untuk bersama melawan …