Tahun ini, Opini WTP Diterima Oleh Pemkot Ambon

AMBON, N25NEWS.COM – Opini ‘Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)’ oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI)  Provinsi Maluku kini diterima resmi oleh Pemerintah Kota Ambon.

“Hal ini bukanlah akhir dari seluruh target kita. Paling tidak ini merupakan pintu masuk untuk Pemerintah Kota Ambon guna membenahi seluruh rumah tangga Kota Ambon kedepan,” Ucap Walikota Ambon,  Richard Louhenapessy,  Selasa (17/07/18) dalam acara Penyerahan Laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2017 di Ambon.

Dirinya mengatakan Opini WTP yang diberikan oleh BPK RI Provinsi Maluku bukanlah sebuah tujuan namun target daripada setiap pengelenggaran dan pengelolaan keuangan daerah.

“Sepanjang sejarah, opini WTP bagi Kota Ambon kini menjadi nilai tersendiri. Dari masa kemasa biasanya sepanjang NKRI berdiri Kota Ambon selalu menyandang opini Wajar dengan Pengecualian (WDP).  Namun hari ini,  Kota Ambon menyandang opini baru yakni WTP.  Dan hasilnya akan diserahkan langsung tepatnya pada saat HUT RI 17 agustus 2018 nantinya,” tandasnya.

Baca juga :   Lima Kawasan Yang Strategis Di Kota Ambon,Tarif Parkirannya  Mengalami Kenaikan

Opini WTP kemudian menurutnya tak ada kaitannya dengan jumlah keuangan yang dimiliki oleh Pemkot Ambon,  banyak sedikitnya uang yang dimiliki ataupun seberapa besar utang negara.

“Namun,  Opini WTP kini mengukur sejauh mana kita mencatat serta mempertanggung jawabkan uang itu dengan benar dalam proses pengelenggaran  serta pengelolaan  uang negara,” tambahnya.

Untuk itu, terhadap sejumlah Kelemahan – kelemahan yang disampaikan BPK RI Provinsi  Maluku dirinya berharap bisa segera di perbaiki dan dibenahi lagi hingga kita bisa menerima hasil opini WTP.

Check Also

Babinsa Laksanakan Pengamanan Penyaluran BST Kepada Masyarakat yang Terdampak Covid-19

AMBON,N25NEWS.com -Babinsa Kodim 1504/Ambon Serda. Jon. Indri dan Koptu J. H. Ngarbingan melaksanakan Pengamanan /pendampingan …