Tak Terima Tempat Keramat Dijadikan Obyek Wisata,Masyarakat Adat Buru Demo

AMBON,N25NEWS.COM-Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Mayarakat Adat Pulau Buru (AMA-PB),Kabupaten Buru melakukan aksi ujuk rasa di depan Kantor Gubernur Maluku,kamis (22/8/2019).

Dalam aksinya mereka dipimpin Koordinator Lapangan (Korlap) yakni Helmi Lebassa dan beberapa rekannya,aksi ini dipicu dengan adanya kebijakan Pemda Buru,dalam hal ini Bupati Ramly Umasugi yang menjadikan Danau Rana sebagai destinasi wisata dunia,dimana dengan dikeluarkannya surat edaran Bupari No.049/269 tentang himbauan mewujudkan Danau Rana Surga tersembunyi.

Menurut mereka,kebijakan yang telah diambil oleh Bupati Buru,tanpa adanya,sosialisasi bahkan negosiasi dengan masyarakat adat atau tokoh adat yang telah ditugaskan sebagai penjaga hak 24 suku/marga masyarakat hukum adat pulau Buru yang ada di Danau Rana,bahkan tanpa ada musyawarah bersama perwakilan tokoh-tokoh adat 24 suku tersebut.

“Danau Rana adalah pusat peninggalan sejarah (tempat pusaka) 24 suku/marga dan merupakan tempat sakral yang mempunyai nilai riligius magic yang harus terus dijaga serta dilestarikan dan tidak bisa dijadikan sebagai tempat berkunjung untuk umum,”teriak mereka dalam orasinya.

Baca juga :   Warga Australia Berikan Bantuan Sembako Bagi  35 KK Di Negeri  Amahusu

Disebutkan,Danau Rana sebagai tempat keramat/sakral,jika tidak dijaga dan disalah gunakan maka dapat berakibat buruk bagi kelangsungan hidup masyarakat adat 24 suku/marga  pada umumnya.

“Oleh sebab itu menjaga dan melestarikan adat dan budaya dimana termuat dalam konstitusi Negara RI dan aturan turunan telah menjadi tanggung jawab moril kami dan pemerintah seharusnya menjadi garda terdepan dam melindungi adat istiadat yang merupakan identitas asli daerah,”tandas Helmi Lebassa.

Adapun,aksi unjuk rasa Aliansi Mayarakat Adat Pulau Buru ini,berakhir dengan diterimanya pernyataan sikap mereka oleh Staf Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Maluku,La Allia yang merupakan Kasubid Penangan Demonstran.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor       : Redaksi

Check Also

UPT Pemasyarakatan Sabet Penghargaan Dari Dirjenpas

AMBON,N25NEWS.com  – Delapan Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan …