Terganjal WTP, Empat Kabupaten Tidak Terima DID

MALUKU,N25NEWS.com – Akibat terganjal opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), empat dari 11 kabupaten/kota di Maluku tidak menerima Dana Insentif Daerah ( DID) dari pemerintah pusat.

Empat kabupaten tersebut antara lain, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Kabupaten Buru, Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur(SBT) dan Aru.

Selain WTP dari sisi pelaporan keuangan dan aset daerah, juga sebagai faktor yang dinilai, Pemerintah memberikan DID.

“Senang untuk daerah perbatasan atau 3T yang mendapat DID, jadi kuncinya harus memperbaiki status keuangan dan aset daerah,”ungkap Anggota DPR RI, Mercy Chriesty Barends, usai hadir rapat koordinasi (rakor) bersama DPRD dan Provinsi Maluku

Menurut, Barends persoalan yang menyebabkan kabupaten tidak menerima DID bukan karena sistim, tapi karena status keuangan dan aset daerah ada yang bermasalah dalam pelapora yang diaudit BPK .

Padahal jika status daerah disebut WTP, wajib hukumnya Menteri Keuangan (Menkeu) untuk memberikannya dan tidak bisa tidak, tapi itu hukumnya wajib untuk pemerintah untuk memberikan

Baca juga :   Pos Koki Porto-Haria SSK III Turut Serta Dalam Ibadah HUT Pelayanan Wadah Perempuan

“Pertama status keuangan yang diaudit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) harus WTP, itu syarat utamanya, sehingga jika syarat itu dipenuhi, maka wajib hukumnya pemerintah memberikan DID sebagai bonus yang sudah diatur,”ungkapnya.

Meskipun sebagai salah satu anggota di Badan Anggaran (BANGGAR), dirinya tidak punya kewenangan untuk mempertahankan atau memaksakan satu daerah diberi DID, sejauh belum memiliki status WTP, karena jika dilaksanakan maka akan kena pinalty dari BANGGAR.

“Jadi hampir semua kabupaten yang tidak menerima DID statusnya bukan WTP, ini sangat miris karena syarat utamanya WTP, Beta coba paksakan kena kartu kuning,”kesalnya.

Alhasilnya ditahun anggaran 2021 Maluku hanya diberi sebesar Rp 9 miliar lebih.

Terhadap hal itu, selaku anggota BANGGAR di DPR RI, meminta Pemda Maluku lewat Bapeda dan Badan Aset keuangan Provinsi untuk bisa melakukan pembinaan, karena usulan ini masuk lewat musrembang.(RHM)

Check Also

Pos Koki Porto-Haria SSK III Turut Serta Dalam Ibadah HUT Pelayanan Wadah Perempuan

SAPARUA,N25NEWS.com-Satgas Yonif 734/Sns Pos koki Porto – Haria Yang dipimpin oleh Lettu Inf Krismanson turut …