Tiga Mahasiswa STP Hatta Syahrir Banda Naira Lolos Dalam PKM Kemendikbud-Ristek Tahun 2021

BANDA,N25NEWS.com – Tiga Mahasiswa STP Hatta Syahrir Berhasil lolos dalam Program Kreatif Mahasiswa (PKM) Kemendikbud-Ristek tahun 2021.

Tiga Mahasiswa STP Hatta Syarif  ini lolos karena berhasil menciptakan produk Fich Cake dari ikan layang.

Hal ini di sampaikan Jenny Abidin,S.Pi M.Si Dosen pembimbing 3 mahasiswa  STP Hatta Syahrir Banda Naira yaitu Auliyah Djohar sebagai Ketua,Anggota Iqbal  Arodes  dan Rachmi Dobo.

Sambung Abidin,kegiatan PKM mahasiswa bidang kewirausahaan adalah merupakan salah satu ajang bergengsi di tingkat nasional dengan tujuan untuk meningkatkan daya cipta , kreativitas, inovatif dari mahasiswa.

“Salah satu alasan kenapa  mahasiswa STP Hatta Sjahrir terlibat dalam ajang ini adalah banyaknya hasil laut terutama ikan pelagis kecil seperti ikan layang yang biasa masyarakat Banda menyebutnya ikan tali-tali. Ikan ini kaya akan nutrisi terutama asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh terutama anak-anak untuk kecerdasan otak.sehingga ikan tersebut di jadikan sebagai produk yang bernilai ekonomis.sehingga  tercetuslah  ide untuk menghasilkan produk fish cake yang dikemas dengan rapi dan tentunya higienis,”ujar Jenny Abidin,S.Pi M.Si.

Dengan lolosnya Fich Cake  sebagai Program Kreatif  Mahasiswa jenis  PKM Kewirausahaan dan PKM Riset.maka masing-masing penerima hibah mendapatkan pendanaan antara 9 juta sampai 10 juta rupiah.

Jenny Abidin,S.Pi M.Si sebagai   dosen pendamping  menyebut  dengan mengikuti program ini, mahasiswa mampu memanfaatkan sumberdaya yang ada untuk menghasilkan sesuatu yang bisa dinikmati oleh masyarakat terutama anak-anak.

“Disamping itu kegiatan ini bisa memberikan peluang bagi siapa saja yang ingin berwirausaha dengan memanfaatkan ikan sebagai bahan baku utama,” ujarnya.

Pimpinan STP  Hatta Sjahrir sangat mengapresiasi prestasi dari mahasiswa STP dan STKIP tersebut. prestasi ini membuktikan bahwa mahasiswa Hatta Sjahrir memiliki kompetensi yang sangat baik dan bisa bersaing bahkan mampu menyisihkan mahasiswa dari kampus lainnya baik di wilay, bahkan ditingkat nasional.

 

Check Also

Bangun Sinergitas,Tim Program Prisisi  Silaturahmi Dengan  Dispen  Kota Ambon

AMBON,N25NEWS.com-Tim program penguatan karakter siswa mandiri melalui seni (Presisi) Kota Ambon berkunjung ke Dinas Pendidikan …