Tinggapy Reses Di Waenibe, Matgugul Kecam PLT Kades

NAMLEA,N25NEWS.com -Iksan Tinggapy Anggota DPRD dari Komisi I mengelar Reses di Desa Waenibe, Kecamatan Fenalisela, Kabupaten Buru, 10 Juni 2020.

Kegiatan reses tersebut,menghadirkan seluruh warga yang mendiami desa tersebut.

Kepada N25NEWS.com,Iksan Tinggapy menegaskan bahwa  DPRD yang merupakan, lembaga representasi rakyat yang memperjuangkan asapirasi menampung/ mengakomodir pengaduan masyarakat, untuk dapat ditindaklanjuti seuai kebutuhan dan kesejahteraan rakyat, mengacu pada UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Dalam menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen tersebut kata Iksan terungkap beberapa hal di antaranya ada beberapa Kepala Soa, Tokoh adat,agama dan tokoh masyarakat menanyakan terkait dengan seorang Pjs Kades yang menjabat di Desa Waenibe, dimana menurut Peraturan Pemerintah, Seorang Pjs Kades dalam melaksanakan tugas diberikan kewenangan 6 hingga 1 tahun bila kondisi Desa tidak stabil.

Menanggapi pertanyaan Soal Matgugul, Iksan Tinggapy yang menduduki Komisi I DPRD Buru mengatakan, pemilihan Kepala Desa itu sudah di sepakati lewat rapat kerja pimpinan daerah yang diwakilkan Asisten I dan BPMD dikantor DPRD pada bulan febuari lalu untuk melakukan pemilihan Kades secara serentak setelah lebaran.

Walau sudah di jelaskan sedemikian rupa  Namun  para Kepala Soa itu terus mendesak untuk secepatnya adanya kepala desa devenitif didesa Wainibe yang merupakan Desa adat.

Karena menurut salah satu Kepala Soa Matgugul, pejabat desa Wainibe sudah 3 tahun lebih padahal sesuai amat undang-undang no 6 tentang desa Peraturan Pemerintah no 43 tahun 2015 Permendagri 111-112 pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.

Selain menjaring aspirasi  Tinggapy juga menyumbang Ratusan paket sembakau kepada masyarakat di desa itu.

Hal ini yang membuat  masyarakat temasuk sejumlah Kepala Soa di antaranya Yonas tokoh masyarakat desa Waenibe memberikan apresiasi yang luar biasa kepada anggota Komisi I DPRD Buru tersebut.

“Bantuan ini adalah yang pertama kali kami terima dan kami sangat  mensyukuri apa yang sudah di berikan Tinggapy dan hal ini bisa terjadi karena izin dari Tuhan,”jelas Yonas.

Selain  itu lanjut Yonas,selama mewabahnya Covid-19 di wilayah kabupaten Buru,Pemda  Buru belum samasekali memberikan  sembakau,kepada masyarakat setempat dan baru perna pihaknya terima dari Pak Iksan.

“Untuk itu  Kami berharap kepada Pak Dewan untuk dapat memperjuangkan PLN/ Listrik yang tidak berjalan maksimal, padahal Katong bayar listrik setiap bulan selama 24 jam, sementara jaringan sudah dialihkan ke PLN ranting Airbuaya berfungsi hanya 12 jam, namun tetap Kami membayar listrik mengikuti PLN Namlea selama 24 jam,”ujar Yonas.

Selain itu lanjut Yona,bukan  hanya itu pihaknya juga meminta Pemda Buru agar dapat membuat pekerjaan Bronjong untuk menangkis kikisan Air yang merebah kali Waenibe termasuk Jalan usaha tani, yang selama ini dijanjikan Pemda setempat.

Reporter : Kiswan

Editor : Redaksi

Check Also

Kajari Namlea Terus Melakukan Revolusi Mental Keagamaan Anak Anak Panti Asuhan Huke Ina

NAMLEA,N25NEWS.com –  Menjelang Bulan Suci Ramadhan Majelis Taklim Fatimah mengadakan kunjungan ke Panti Asuhan Huke …