Tingkatkan Kemandirian, Lapas Banda Naira Latih WBP Produksi Ikan Garam

BANDA,N25NEWS.com  – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banda Naira berikan pelatihan membuat ikan garam bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) demi meningkatkan kreativitas serta kemandirian mereka. Kegiatan berlangsung di dalam area Lapas Banda Naira dengan didampingi oleh Kepala Subseksi Pembinaan dan staf, Jumat (17/9).

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah skill dan memberikan bekal bagi WBP, serta mengelola kekayaan lokal yang ada di Banda. Hasil dari kegiatan ini yang berupa ikan garam juga akan dijual dan dipajang di Galeri Lapas Banda sebagai bentuk hasil karya WBP.

Staf Pengelola Pembinaan Kemandirian, Natalia Saptenno, menjelaskan bahwa kagiatan-kegiatan kemandirian akan terus dilakukan untuk menambah skill WBP. “Ketika mereka keluar nanti diharapkan ada sesuatu yang bermanfaat yang dapat mereka lakukan, bisa saja ini menjadi peluang bisnis bagi mereka jika mereka serius dalam mengikuti semua pelatihan Kemandirian yang kami berikan,” jelas Natalia.

“Kami akan terus melatih skill dari WBP ini dan alhamdulilah mereka mau menerima semua yang kami ajarkan. Semoga ini dapat membantu mereka juga ke depannya,” harap Rustam Kasoor selaku Kepala Subseksi Pembinaan.

Kegiatan-kegiatan semacam ini sangat penting dan baik dilaksanakan, dengan tujuan agar para WBP terampil dan memiliki aktivitas yang positif di dalam Lapas. Dengan demikian, kondisi keamanan dan ketertiban Lapas juga menjadi optimal.

Sementara itu, Kepala Lapas Banda Naira, Hamdani, menjelaskan bahwa pihaknya akan terus mendukung kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Ia ingin bisa selalu memberikan pelatihan yang baik bagi WBP.

“Saya akan terus mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini. Ini juga sangat bermafaat bagi WBP karena dapat melatih kemampuan mereka dalam mengelola ikan,” jelas Hamdani.

Repoter Serifudin Wala

Editor : Redaksi

Check Also

Divpas Kanwil Maluku laksanakan Monev di Lapas Banda Naira

BANDA,N25NEWS.com  – Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) dari Devisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian …