Tingkatkan Kerjasama Antar Perguruan Tinggi, 2 Kampus Hatta Sjahrir Teken MoU dengan IAIN Ambom

BANDA,N25NEWS.com – Kampus Hatta-Sjahrir kembali melakukan penandatanganan kerjasama antar perguruan tinggi. Kali ini, Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon. Penandatanganan dilakukan oleh Ketua STP dan STKIP Hatta-Sjahrir, Dr. Muhammad Farid, M.Sos dengan Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.S.I., di Ruang Aula Des Alwi Gedung A, Kampus Hatta-Sjahrir, Jumat 12 Maret 2021.

Di awal sambutannya, Ketua STP & STKIP Hatta Sjahrir Dr. Muhammad Farid M.Sos menjelaskan tentang sejarah kampus hingga kerjasama yang sudah dijalin sebelumnya dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.

Seperti kerjasama dengan Bochum University di Jerman dan Ruthers University di Amerika. Juga, kerjasama yang belum lama ini kerjasama yang berhasil dibangun dengan 2 universitas di Jawa Timur.

Namun kehadiran rombongan IAIN Ambon terasa sangat spesial karena kedua lembaga ini ternyata memiliki hubungan yang sangat kuat sejak lama. Sebagaimana dikatakan Dr. Farid, bahwa “Kampus Hatta Sjahrir dan IAIN Ambon sesungguhnya terlahir dari rahim yang sama, yaitu oleh buah pikiran Prof.Dr. Hamadi B. Husain. Karenanya, wajar jika hari ini kedua kampus bertemu dan bekerjasama untuk masadepan yang lebih baik di masa depan,”ujarnya.

Rombongan IAIN Ambon yang hadir pada saat itu terdiri dari Rektor IAIN Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si beserta istri, Wakil Rektor 1 Dr. La Jamaah M.Hi, Wakil Rektor 3 Dr. Fakih Seknun, M.Dp, Direktur Pascasarjana Prof.Dr. Halik Latuconsina, M.Si, Dekan Fakultas Syariah Dr. Djumadi Djunaidy MH, Kabag akademik Muslim Diken M.Pdi, Wakil Dekan Fak. Syariah Dr. Nasaruddin Umar, Wakil Dekan Fak. Ushuluddin Dr. Arman Man Arfa M. Pdi, wakil dekan Fak. Tarbiyah Dr. Siti Jubaida, M. Pdi, abdul Rasit Kaisupy S.Ag, dan Ismail Hehanusa S. Ag.

Baca juga :   Upacara Peringatan 400 Tahun Genosida Banda

“Kami membawa serta Full Team ke Banda Naira untuk membuktikan bahwa kami sangat serius membangun sinergi yang baik dan produktif bagi kedua perguruan tinggi ini”, demikian pernyataan Rektor IAIN Ambon dalam pembuka sambutannya.

Selain melakukan penandatangan MOU antar kedua lembaga, juga diselenggarakan kuliah umum yang disampaikan oleh Rektor IAIN Ambon. Dalam kuliah itu, Dr. Zainal Abidin M.Si memaparkan pentingnya aspek keimanan dan moralitas dalam pendidikan. Seorang saintis.

Menurut Zainal, mutlak diperlukan dimensi spiritual keimanan dalam pribadi seorang ilmuan agar dapat bertanggungjawab terhadap hasil temuan ilmiahnya. Ada begitu banyak produk-produk sains yang justru hilang arah dan bahkan berbahaya bagi kemanusiaan.

Rektor IAIN Ambon juga menyatakan ketertarikannya terhadap sumberdaya alam Banda yang sangat potensial untuk dimaksimalkan.

“Kami sangat berharap ada kerjasama yang produktif dengan Hatta Sjahrir dalam skema-skema penelitian dan pengabdian masyarakat untuk mengelola hasil sumberdaya alam Banda yang potensial ini,”kata Rektor IAIN Ambon.

Dalam sesi ramah tamah, kedua pimpinan kampus sama-sama menekankan pentingnya implementasi kerjasama ini dalam tiga aspek penting yang menjadi payung aktivitas.

“Pertama yakni staff exchange atau pertukaran antar dosen, yang mana disini para dosen dapat bertukar pengalaman. Lalu yang kedua ditindak lanjuti dengan student exchange, para mahasiswa bisa belajar bersama dan berdiskusi. Dan yang ketiga itu berkaitan dengan publikasi, diharapkan para dosen kita dapat saling terlibat dalam program penelitian dan pengabdian, sehingga diharapkan kita dapat saling support,” ungkap Dr. Farid.

Di akhir acara penandatangan MoU, kedua pimpinan saling bertukar cenderamata, dan pemberiah hadiah buku dari Dr. Muhammad Farid berjudul “TanaBanda” kepada rektor IAIN Ambon sebagai kado spesial karena telah mengunjungi Banda.

Reporter : Sarifudin Wala (Banda)

Editor : Redaksi

Check Also

SMP Negeri 8 Hutumuri Sukses Gelar Ujian Satuan Pendidikan Secara Online

HUTUMURI,N25NEWS.com-Pelaksanaan Ujian Satuan Pendidikan (USP) secara online pada SMP Negeri 8 Hutumuri Kacamatan Leitimur Selatan …