Tualeka Minta Rumah-Rumah Yang Di Atas 50 Tahun Di Banda Naira Tidak Boleh Di Bongkar Karena Bagian Dari Sejarah

AMBON,N25NEWS.com – Wakil Ketua Komisi III DPRD Maluku Tengah Muhammad Rani Tualeka menyoroti pembongkaran dan rehap

rumah-rumah kuno yang di bangun di zaman belanda yang bernilai histori di Banda Neira.

Menurut Tualeka ruamah-rumah yang telah berarlih pemilik dan akan di pugar atau di renovasi hendaknya berkonsultasi dengan Pemda Maluku Tengah dalam hal ini Dinas Pariwisata.

Karena pembangunan suatu kawasan kata Rani Tualeka yang juga Ketua Fraksi PKB DPRD Malteng, seharusnya sejalan dengan latar belakang sejarah dan budaya daerah setempat,jadi peradaban yang saat ini di bangun di atas peradaban sebelumnya.Ini berarti haruslah ada kelanjutan antara peradaban masa lalu dan masa sekarang.

Untuk itu Tualeka meminta kepada masyarakat Banda yang memiliki rumah di atas 50 tahun dan di bangun di zaman Belanda jangan di rehab atau sampai di bongkar sebab rumah-rumah tersebut merupakan sejarah di masalah lalu yang bisa di jadi objek wisata yang harus di wariskan ke anak cucu kita di masa yang akan datang.

Anggota DPRD Malteng 2 periode ini juga meminta Pemerintah Daerah Maluku Tengah dalam hal ini Dinas Pariwisata untuk dapat melihat hal ini,bahkan
biar perlu di buat perda untuk melindungi rumah-rumah yang bernilai historis sejarah masalah lalu.

Sehingga ketika wisatawan-wisatawan memasukI Banda akan terasa di bawah ke masa lalu karena bangunannnya berjorak masa lalu.

“sayang sekali rumah-rumah kuno zaman Belanda perlahan-lahan di hancurkan satu persatu dan di gantikan dengan gedung yang lebih baru dan modern dan lebih parah lagi tidak ada perhatian khusus untuk pelestarian gedung-gedung kuno tersebut,”ujar Politisi muda Partai PKB ini.

Diapun berharap suatu hari nanti, kita akan menghargai gedung-gedung tua peninggalan Belanda, memugar dan melestarikannya sebagai bagian dari sejarah kita.

Editor : Redaksi

Check Also

Ketua DPRD Kota Ambon Hadiri Acara Silaturahmi Dan Buka Puasa Bersama Warga RW 02 Desa Nania

AMBON,N25NEWS.com – Ketua DPRD Kota Ambon menghadiri buka puasa bersama dengan warga RW 02 Desa …