Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku,Ismail Usemahu

Usemahu,Moda Transportasi Pelayanannya Sesuai Karakteristik Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Kondisi georafis Maluku,dimana 92,4 persen maerupakan laut,sedangkan hanya 7,6 persen adalah daratan,yang terdiri dari pulau-pulau (1.340 pulau),olehnya transportasi diarahkan untuk menyediakan pelayanan yang disesuaikan dengan karakteristik wilayah dalam bentuk transportasi moda antar pulau.

Hal ini dukatakan,Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku,Ismail Usemahu,kepada awak media di Kantor Perhubungan Provinsi Maluku,kawasan Air Salobar Kecamatan Nusaniwe Ambon,kamis (20/2/202).

“Maluku memiliki tingkat kemiskinan tinggi dan ini kemiskinan struktural,sementara potensi sumber daya (SDA) alam kita memadahi,namun permasalahannya adalah aksesnya,sehingga perlu adanya integrasi moda baik jaringan laut,darat dan udara yang bisa menjangkau ke daerah-daerah terpencil,”ujar mantan Kadis PU ini.

Lebih lanjut,Usemahu mengatakan,pihaknya sudah melakukan langkah-langkah penting,guna meminimalisir kondisi terjadi dilapangan,namun pihaknya sedikit terkendala dalam hal ini,sisi finansialnya,dimana Dana Alokasi Umum (DAU) yang dimiliki sangat kecil.

Semetara itu,terkait dengan Tol Laut,Usemahu menjelaskan,tol laut semenjak dari tahun 2015 telah berjalan baik,namun pihaknya  juga harus indicator-indikator pendukung untuk kelancaran tol laut seperti  pelabuhan-pelabuhan yang akan disinggahi tol laut tersebut.

“Untuk menunjang prasarana pendukung pelabuhan,maka sudah barang tentu kita juga harus meningkatkan kapasitas beberapa pelabuhan,yang perlu dilakukan pengerukan,karena draf kedalamannya itu masih lemah,”jelas Usemahu.

Adapun,ia menandaskan sangatlah perlu SDM di Maluku,mau tidak mau harus ditingkatkan,guna dapat bersaing dalam mengelola ketiga matra tersebut (laut,darat dan udara).Memang diakuinya ada instansi dari Kementerian Perhubungan seperti UPT,namun pihaknya adalah tuan rumah,yang bertanggung jawab mempersiapkan SDM guna mengelola tugas di atas.

“Untuk itu,kami berharap koordinasi dengan UPT-UPT  dan Balai Perhubungan terus ditingkatkan dengan skala regional antar kabupaten/kota.Oleh karena itu kita siap meresponnya agar bisa dikelola oleh provinsi,”tandas Usemahu.

Reporter        : Aris Wuarbanaran

Editor            : Redaksi

 

Check Also

299 Tamtama Remaja Resmi Dilantik Di Rindam Pattimura

AMBON,N25NEWS.com-Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E, M.M., yang diwakilkan oleh Kasdam XVI/ Pattimura, …