Wabup Malra,Guru Miliki Peran Kunci Dalam Menentukan Kualitas Pembelajaran

MALRA,N25NEWS.com-Wakil Bupati Maluku Tenggara (Malra),Ir.Petrus Beruatwarin,M.Si mengatakan pendidikan (guru) dalam proses belajar mengajar memiliki peran strategis,sekaligus peran kunci dalam menentukan kualitas pembelajaran.

“Guru dapat menunjukan kepada siswa tentang bagaimana cara mendapatkan penetahuan (cogntitif),sikap dan nilai (affektiv),serta ketrampilan (psikomotor),”ungkap Beruatwarin dalam sambutannya pada acara Pembukaan Diklat Guru dan Pengelola Pendidikan yang Dilaksanakan YPPK.DR.J.B.Sitanala Cabang Kei Kecil dan Kota Tual Bekerjasama dengan BPK Penabur Jakarta,yang berlangsung di Gedung Gereja Anugerah Langgur,selasa (14/01/2020).

Menurutnya,tugas dan peran pendidik yang utama adalah terletak pada aspek pembelajaran,yang merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan,yang sangat dipengaruhi oleh kualitas guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Adapun,agar bisa mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut,maka seorang pendidik dianggap mampu menjadi pendidik apabila memiliki kemampuan yang menurut UU Sisdiknas nomor 20 tahun 2003 pasal 29 ayat 2 menjelaskan agar guru harus menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional.

“Dalam hal ini kita paham betul,guru memiliki peran yang kompleks dan dinamis,maka sudah barang tentu pekerjaan itu harus dilaksanakan secara tulus,sadar dan sungguh-sungguh untuk memilih pekerjaan guru dengan segala konsekwensinya,”jelasnya.

Selain itu,pendidikan adalah modal dasar untuk menciptakan SDM yang unggul,dimana pendidikan yang utama adalah sekolah yang merupakan lembaga alternatif pelayanan pendidikan,namun sebagai salah satu lembaga tentunya memiliki visi-misi,tujuan dan fungsi untuk mengembangkannya.

“Untuk itu,YPPK DR.J.B.Sitanala Cabang Kei Kecil dan Kota Tual yang telah menggagas kegiatan ini,maka saya memberikan apresiasi kepada pengurus YPPK J.B.Sitanala yang telaj banyak membantu Pemda Kabupaten Maluku Tenggara,sekaligus menjadi mitra yang baik dalam melaksankan pendidikan formal bagi masyarakat didaerah ini,”tandasnya.

Reporter : Pae Rahakbauw
Editor : Aris W

Check Also

Ketua DPD SKP Malra: Pemerintah, TNI-Polri Semakin Kompak Menanggulangi Wabah Covid-19

MALRA,N25NEWS.com – Ketua DPD Satria Kita Pancasila Maluku Tenggara yang juga Wakil Bupati Malra Petrus …