Wagub Maluku,Pimpin Upacara HUT Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu Yang Ke 202

AMBON,N25NEWS.com-Wakil Gubernur Maluku,Drs.Barnabas Orno mengatakan,Presiden pertama Republik Indonesia (RI), Ir.Soekarno pernah pernah berkata bangsa yang besar adalah bamgsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

“Kita patut memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala jasa dan perjuangan yang telah dilakukan oleh pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu dan ini sebuah kebanggaan abadi turun-temurun bagi keluarga yang patut disyukuri,”kata Wagub dalam sambutannya pada acara HUT Pahlawan Martha Christina Tiahahu ke 202 yang berlangaung di Monumen Martha Christina Tiahahu Karpan Ambon,kamis (02/01/2020).

Menurut Wagub,kesediaan untuk berkorban bukanlah sebuah hal yang mudah terlebih lagi ketika masyarakat Maluku memiliki posisi status sosial dan kedudukan yang baik dan nyaman secara naluri akan cenderung mempertahankan dia (Martha Christina Tiahahu) sebisa mungkin,tetapi teladan yang ditunjukannya justru terbalik dimana banyak dari mereka bersedia mengorbankan harta benda,keluarga bahkan nyawa sekalipun demi bangsa dan kemerdekaan.

Adapun,lanjut Wagub,atas pengorbanan itu mereka tidak pernah memikirkan apa imbalan yang diterima dan mereka sungguh ikhlas untuk menjalaninya.Benar apa yang dikatakan para pemimpin besar dunia”jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu,tetapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negara,maka inilah yang harus ditanamkan dalam diru generasi muda Maluku.

“Sebagai generasi bangsa masa kini dan tidak boleh terbatas pada sebuah acara seremonial saja,tetapi kita harus melakukan aksi dan program kerja nyata yang bertujuan memberikan nilai-nilai kepahlawanan kepada anak cucu kita,”jelas mantan Bupati MBD ini.

Baca juga :   Pabung Malteng Lepas Anggota Pindah Satuan

Adapun,Wagub menambahkan,semangat pahlawan naaional dimaknai sebagai pembentuk yang mengingatkan generasi jaman now semua karakter dan nilai kepahlawanan mesti terus hidup dan berkembang dalam diri mereka yang sejalan dengan tema peringatan HUT Martha Christina Tiahahu ke 202 pahlawan nasional kita wujudkan sumber daya manusia yang profesional,kreatif,mandiri dan berprestasi.

“Pemda Maluku juga akan terus bekerja keras demi peningkatan SDM sehingga semakin profesional,kreatif dan berprestasi dimana birojrasi kita sesuai dengan progam nasional reformasi birokrasi ini bertujuan agar birokrasi kita dapat berpacu dan berlomba menghasilkan kinerja dan prestasi juga terus mendorong anak-anak muda kita untuk mengikuti pendidikan dalam megelola SDA kita,jelas Wagub.

Untuk itu,Wagub Maluku berharap agar jejak langkah pahlawan Martha Christina Tiahahu ini dapat menjadi teladan dan motivasi bagi para perempuan Maluku dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Adapun,untuk diketahui turut hadir pada acara tersebut yakni Pangdam XVI Pattimura,Kapolda Maluku,Danlantamal IX Ambon,Danlanud Pattimura Ambon,Danrem151/Binaya,Ketua DPRD Provinsi Maluku,Wadan Lantamal IX Ambon,Dansatbrimob Polda Maluku,Para PJU TNI/Polri dan tamu undangan serta masyarakat.

Reporter : Aris W
Editor : Redaksi

Check Also

UPT Pemasyarakatan Sabet Penghargaan Dari Dirjenpas

AMBON,N25NEWS.com  – Delapan Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan …