Wakil Bupati Malra Buka Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia Bagi Pejabat Pemkot Tual dan Pemkab Malra

MALRA,N25NEWS.com – Wakil Bupati Maluku Tenggara Ir.P.Beruatwarin,M.Si membuka  secara resmi kegiatan penyuluhan penggunaan Bahasa indonesia yang berlansung   di Ballroom Hotel Villia Langgur, Kamis (24/10/2019).

Acara tersebut turut hadir oleh Peniliti I Kantor Bahasa Maluku Harlin S, S dan SKPD Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Dalam sambutannya Beruatwarin menyampaikan bahwa Kepala Kantor Bahasa Maluku, Dr. Asrif, M.Hum mengatakan Kabupaten Maluku Tenggara merupakan Kabupaten pertama kali di Prov. Maluku yang peduli terhadap penggunaan bahasa daerah yang telah dilestarikan setiap hari jumat agar tidak punah dan ini bukti merupakan bentuk kepedulian terhadap bahasa daerah.

Dalam kegiatan tersebut Beliau memberikan slogan : “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Kuasai Bahasa Asing”.

Lebih lanjut Wakil Bupati Maluku Tenggara, Ir. P. Beruatwarin, M.Si mengatakan bahwa berbahasa Indonesia yang baik dan benar memerlukan kaidah-kaidah tertentu yang sesuai dengan ketentuan berbahasa Indonesia karena bahasa indonesia yang baik dan benar perlu diketahui agar gesekan yang tidak perlu terjadi dapat diminimalisir

Karena, Bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai perekat Bangsa. Kita boleh berbahasa daerah dalam kehidupan masyarakat agar identitas daerah kita ditunjukan lewat bahasa daerah.

“Dalam Birokrasi, Bahasa Indonesia sebagai bahasa Resmi untuk digunakan dalam komunikasi verbal maupun non verbal, perlu mendapat perhatian serius, lebih khusus bagi Pejabat Daerah yang berkewenangan,”ujarnya.

Selain itu dia menjelaskan, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam Tata Naskah Dinas perlu diketahui, agar dokumen yang dikeluarkan tidak menimbulkan permasalahan atau penafsiran yang salah.

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat melibatkan sebanyak mungkin kelompok sasaran karena penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan Etika Berbahasa tidak hanya bagi pejabat Pemerintah tetapi seluruh lapisan masyarakat, terlebih kaum milenial pengguna media sosial yang seringkali menggunakan bahasa yang tidak tepat sehingga muncul berbagai gejolak dalam masyarakat.

Sumber :Humas Pemda Malra

Editor : Pae Rahakbauw

Check Also

Ketua DPD SKP Malra: Pemerintah, TNI-Polri Semakin Kompak Menanggulangi Wabah Covid-19

MALRA,N25NEWS.com – Ketua DPD Satria Kita Pancasila Maluku Tenggara yang juga Wakil Bupati Malra Petrus …