Warga Australia Berikan Bantuan Sembako Bagi  35 KK Di Negeri  Amahusu

AMBON,N25NEWS.com-Mr Bo dan istinya Mrs Lindsey Wharton yang adalah warga Kota Darwin Australia memberikan bantuan sembako berupa beras 24 kilogram kepada 35 kepala keluarga (KK) warga Desa Amahusu,Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

Adapun,pemberian bantuan sembako beras dari keluarga di Kota Darwin yang dikenal sebagai kota kembar dengan Kota Ambon ini,difasilitasi oleh ASC (Ambon Salling Community).Selain itu, pemberian bantuan sembako itu karena keluarga Mr Bo,sudah mengaggap warga Amahusu sudah keluarga sendiri.

“Bantuan sembako dari keluarga Mr Bo dan istrinya Mrs Lindsey Wharton kepada basudara kita di Amahusu,untuk mengurangi beban hidup akibat dampak pandemi Covid-19,”kata Ketua ASC Nicho Tulalessy kepada N2NEWS.com,di Ambon belum lama ini.

Menurut Founder AUKC ini,selain meringankan beban hidup akibat pandemi Covid-19,namun keluarga Mr Bo bukanlah keluarga yang asing bagi warga Amahusu.Sebab,keluarga asal Darwin tersebut setiap tahun pada perayaan Ambon-Darwin,kerap kali mengunjungi Amahusu,sehingga menganggap masyarakat Amahusu sudah seperti keluarga sendiri.

Dijelaskan Tulalessy,pihaknya dikontak oleh keluarga Mr Bo untuk mengecek sekaligus mendata warga Amahusu yang memang betul-betul merasakan dampak dari wabah virus corona tersebut.

Adapun,setelah ASC melakukan pendataan,ASC berhasil mendapatkan 35 keluarga yang layak untuk menerima bantuan sembako beras tersebut.Selain itu,bantuan ini merupakan tahap awal bagi keluarga yang mengalami kesulitan ekonomi di masa pandemi maupun sebelum pandemi.

“Olehnya,kita sepakat dengan keluarga Mr Bo dan istrinya Mrs Lindsey Wharton di Darwin untuk membagikan beras 24 kg kepada 35 keluarga untuk tahap awal,”ujar Tulalessy.

Lbih lanjut kata Tulalessy,atas komunikasi dengan keluarga Mr Bo,nantinya bantuan juga akan diberikan kepada keluarga-keluarga lainnya,setelah ASC mengirim daftar keluarga yang di data.ASC juga inginkan bantuan tersebut bisa sampai 6 tahap sehingga masyarakat Amahusu seluruhnya bisa terbantu.

Diketahui ASC telah melakukan kegiatan sosial ini sejak 2016,yakni relationship people to people hubungan basudara orang Ambon dengan warga Darwin akan terus terjalin baik.

“Untuk itu kami berharap,bantuan sembako berupa beras dari warga Darwin Australia ini,kiranya dapat bermanfaat bagi keluarga-keluarga mereka di Amahusu,”ujarnya.

Dikesempatan yang sama,Pembina ASC Tilly Soukotta mengatakan bahwa sebenarnya hubungan yang terjalin akrab dengan masyarakat Kota Darwin,bukan semata-mata karena bisnis saja,namun hubungan persahabatan antara kedua masyarakat di dua kota berbeda budaya ini harus terus ditingkatkan.

“Bukan hanya soal bisnis,keakrabatan antara dua masyarakat (Darwin-Ambon) adalah hubungan emosional sehingga tentu ada kaitannya dengan bantuan sembako tersebut,”jelas Soukotta.

Dirinya tak pungkiri ada keistimewaan khusus antara keluarga-keluarga Amahusu dan Darwin.Hal itu,terbukti sejak masa kecil keluarga di Amahusu terjalin persahabatan dengan anak-anak dari pelaut-pelaut Darwin yang dahulu datang ke Ambon khususnya Amahusu.

Ditambahkannya,hubungan persahabatan ini tentu sangat penting pada sektor pariwisata,dimana banyak sekali kapal-kapal (yacth) kapal layar tertarik ke Ambon dan Maluku secara umum.

Dengan demikian masyarakat Kota Darwin memiliki perhatian kepada saudara-saudara mereka di Ambon yang mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19.”Jadi memang hubungan kemanusiaan itu sangat penting untuk perkembangan pariwisata,”ujarnya.

Sementara itu,Chika Tomasila yang adalah warga Amahusu menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga Mr Bo dan istrinya Mrs Lindsey Wharton di Darwin yang telah peduli kepada warga Amahusu dengan memberikan bantuan sembako.

“Bantuan ini sangat menolong kita di masa pandemi ini dan dari sisi ekonomi kita sudah terbantu,”ungkap Tomasila.

“Sebagai warga Amahusu saya berharap kegiatan penyaluran sembako berupa beras ini bukan hanya untuk saat ini saja,tetapi mungkin bisa berlangsung untuk masa-masa kedepan,”tandasnya.

Check Also

Jemaat Imanuel Amahusu,Gelar Diskusi Pencegahan Radikalisme Dan Sadar Konstitusi Berbasis Komunitas

AMBON,N25NEWS.com-Jemaat Imanuel dalam hal ini Seksi Pengembangan Oikumene Semesta HPM Imanuel Amahusu menggelar diskusi terkait …